Kerjasama Teknologi Indonesia-Belgia Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

:


Oleh Tri Antoro, Selasa, 15 Maret 2016 | 19:50 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 360


Jakarta, InfoPublik - Kerjasama sektor teknologi antara pemerintah Indonesia dengan Belgia berpotensi mendorong pertumbuhan perekonomian.

"Peluang para pengusaha Belgia untuk bekerjasama di Indonesia sangat menjanjikan termasuk pada sektor investasi industri, inovasi dan penelitian dan pengembangan teknologi industri. Langkah itu mendukung upaya peningkatan nilai tambah produktivitas, daya saing, menghemat devisa, memperkecil impor dan menyerap tenaga kerja," ujar Menteri Perindustrian Saleh Husin di Jakarta, Selasa (15/3).

Ia menjelaskan, industri pengolahan Indonesia terus berkembang seiring strategi meningkatkan nilai tambah dari bahan baku mentah. Kontribusi pengolahan menyumbang 20,84 persen terhadap nilai total pertumbuhan ekonomi (PDB).

Sedangkan industri pengolahan non migas berkontribusi sebesar 87,21 persen terhadap pendapatan industri pengolahan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2015 tumbuh 4,79 persen, sedangkan pertumbuhan industri non migas selama tahun 2015 sebesar 5,04% dan hal tersebut lebih tinggi apabila dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi.

"Guna menopang pengembangan industri pengolahan, Indonesia mengajak pemerintah negara lain dan perusahaan global bekerja sama dalam investasi industri dan pendirian pusat penelitian serta pengembangan," tuturnya.

Adanya potensi diatas, lanjut Saleh Husin, kerja sama antar negara dibutuhkan untuk saling melengkapi dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat kedua negara. Dalam rangka mewujudkan hal itu, pemerintah Indonesia selalu melakukan pembenahan internal dalam mewujudkan komitmennya untuk melakukan reformasi dan meningkatkan iklim investasi di Indonesia. Upaya pembenahan untuk peningkatan ekonomi dilakukan secara cepat sejak September 2015 yang ditandai dengan dikeluarkannya paket kebijakan ekonomi.

"Tidak ada yang dapat dilakukan secara sendiri di dunia, bahkan kedua tangan perlu melakukan kerja sama antara yang satu dengan yang lainnya,  kedua belah telapak kaki juga saling bekerja sama, demikian pula dengan seluruh anggota badan, demikian pula suatu kerja sama diperlukan antara sesama anggota keluarga," tutur Saleh menggambarkan.