Prakiraan Kemarau 2016

:


Oleh Irvina Falah, Senin, 14 Maret 2016 | 17:53 WIB - Redaktur: Irvina Falah - 671


Monitoring dinamika atmosfer  BMKG  menunjukkan bahwa El Nino Kuat sudah terjadi sejak bulan Agustus 2015, saat ini berada pada status Elnino Moderate dan diprediksi akan meluruh secara  perlahan-lahan menjadi  Netral pada bulan April – Mei 2016. 
 
Periode musim hujan 2015/2016 saat ini masih berlangsung, peluang curah hujan dengan intensitas menengah (>150 mm/bulan) masih akan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia dengan nilai peluang antara 60 - 90%; kecuali untuk sebagian Jawa Timur, Nusa Tenggara dan Papua Selatan peluangnya hanya  dibawah 50 %. 
 
Sampai kapan musim hujan berlangsung dan kapan awal musim kemarau tiba? 
 
Awal masuknya musim kemarau 2016 tidak seragam untuk seluruh wilayah Indonesia, namun sebagian besar wilayah memasuki musim kemarau mulai bulan Mei dan Juni 2016 yaitu sebanyak 66 %. 
 
Daerah yang telah memasuki musim kemarau sejak bulan Februari 2016 meliputi pesisir timur Sumatera Utara dan Riau (Dumai, Bengkalis, Siak, RoHil dan Meranti). Daerah-daerah ini memang mempunyai pola musim yang berbeda dengan wilayah Indonesia lainnya, dimana memiliki dua puncak musim hujan setiap tahunnya. Pengurangan curah hujan telah terjadi sejak bulan Februari dan diprediksi akan mendapat hujan kembali pada bulan April. 
 
Apabila dibandingkan dengan rata-rata 30 tahunnya, awal Musim Kemarau 2016 diprediksi 50% mengalami mundur, sementara 23% diprediksi musim kemaraunya masuk lebih awal.  
 
Sifat hujan selama periode musim kemarau 2016 diprediksi sebagian besar Normal, namun ada beberapa daerah yang diprediksi Atas Normal (sebagian Sumatera, Jawa, Bali, NTB, Kalimantan dan Sulawesi) dan Bawah Normal (sebagian kecil Sumatera, Jawa, NTB, Sulawesi, Kalimantan, Papua dan sebagian besar NTT). 
 
Kemunculan La Nina diprediksi terjadi pada akhir Tahun antara bulan Oktober-Desember 2016 dengan peluang 50%. Pada periode tersebut bertepatan dengan periode awal musim hujan sehingga perlu diwaspadai peluang terjadinya curah hujan tinggi pada saat La Nina berlangsung.