Sergai Tingkatkan Pembangunan Pangan dan Energi

:


Oleh dishubkominfo kab serdang badagai, Senin, 14 Maret 2016 | 16:02 WIB - Redaktur: Kusnadi - 340


Sei Rampah, InfoPublik - Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman mengemukakan, rencana pembangunan daerah Kabupaten Sergai tetap dilaksanakan melalui tiga dimensi pembangunan nasional dengan penekanan kepada sektor pangan dan energi.

“Selain itu, agar dicermati mengenai berbagai lompatan pembangunan yang akan terjadi di Sergai dalam kurun waktu lima tahun ke depan ini seperti beroperasionalnya jalan tol, rampungnya dua bendungan besar yakni Bajayu dan Sei Belutu,” ungkap Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten tahun 2016 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (14/03).

Musrenbang  bertemakan “Meningkatkan Pembangunan Pangan dan Energi dengan Mengintegrasikan Berbagai Sektor Pembangunan serta Menggali Sumber Pendapatan Asli Daerah” tersebut turut dihadiri mewakili Plt. Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Drs. Elisa Marbun MAP, Wabup Sergai Darma Wijaya, unsur FKPD, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD Camat se-Sergai, Kepala BNNK Sergai serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

H. Soekirman mengatakan, hal-hal yang menyangkut sarana dan prasarana yang berkaitan agar dimasukkan dalam perencanaan pembangunan.

Menyikapi berbagai perubahan dan perkembangan yang terjadi ke depan, H. Soekirman berharap agar masyarakat Sergai juga siap atas kualitas SDMnya dan terus ditingkatkan sebagaimana capaian indeks pembangunan manusia yang mengalami peningkatan dari 67,11 di tahun 2013 menjadi 67,78 ditahun 2014.

“Angka ini diharapkan akan terus meningkat dengan upaya-upaya yang strategis dan terencana yang dirumuskan melalui musrenbangda ini,” ungkap Bupati Sergai.

Sebagaimana visi Kepala Daerah Terpilih Soekirman-Dharma Wijaya agar Sergai menjadi daerah yang unggul, inovatif, bertanggungjawab dan berkelanjutan (leading, innovative, responsibility and  sustainability, maka diharapkan keseluruhan rencana pembangunan diarahkan kepada program yang mengedepankan keempat aspek tersebut, pungkas Bupati Soekirman.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara Kepala Bappeda Sergai Ir. H. Taufik Batubara, M.Si dalamlaporan menyampaikan tujuan dari Musrenbang RKPD 2016  ini untuk  penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Sergai.

Sebelum dilaksanakannya musrenbangda ini, telah didahului dengan forum SKPD di awal Maret 2016 yang membahas bidang sarana prasarana, pembangunan ekonomi dan pembangunan sosial budaya. Kemudian dilanjutkan dengan pramusrenbang RKPD Sergai dengan mengundang 11 SKPD Provinsi Provsu.

Dalam kesempatan yang sama, mewakili Plt. Gubsu Ir. HT. Erry Nuradi MSi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Drs. Elisa Marbun MAP mengingatkan bahwa pada tahun 2016 ini pemerintah menginstruksikan agar pemda dapat mengubah pola pikir dalam pengalokasian anggaran menjadi paradigma money follow program priority atau pemberian alokasi anggaran kepada program-program yang sudah terbukti manfaatnya.

“Selain itu, dalam penyusunan RKPD agar tetap berakselerasi dengan program Provinsi Sumut dengan mengerakkan sektor unggulan dan memberdayakan masyarakat menuju tataran peningkatan kesejahteraan dan keberlangsungan pembangunan,” pungkas Erry Nuradi. (Mc Kab. Sergai/Kus)