E-Filing Permudah Pelaporan Wajib Pajak

:


Oleh MC Banjar, Senin, 14 Maret 2016 | 13:18 WIB - Redaktur: Kusnadi - 397


Martapura, InfoPublik - Direktorat Jenderal Pajak Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (14/3), bersamaan dengan pelaksanaan coffee morning lingkup Pemkab Banjar di Aula Barakat Martapura, menggelar sosialisasi bertemakan aksi panutan penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun 2015. Dirjen Pajak menyediakan aplikasi resmi e-filing untuk penyampaikan pajak melalui media elektronik / internet.

Kepala Kantor Perwakilan Pajak Banjarbaru Naim Amali mengatakan bahwa penyampaian pajak melalui aplikasi e filing ini merupakan cara yang sangat efektif bagi para penyetor pajak untuk mengetahui pajaknya,

Aplikasinya telah disediakan secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pajak atau melalui penyedia jasa ASP yang telah diberi izin oleh Direktorat Jenderal Pajak di http://djponline.pajak.go.id.

“Wajib pajak dapat mengakses kapan saja dan dimana saja baik itu melalui smartphone, laptop maupun computer yang terkoneksi internet”, jelasnya.

Namun sebelumnya, wajib pajak harus melaporkan diri dulu ke kantor pelayanan pajak, terdekat agar nantinya mendapatkan Electronic Filing Identification (e-FIN). Kemudian wajib pajak harus mendaftarkan dirinya ke website djponline.pajak.go.id paling lama 30 (tiga puluh) hari kalender sejak diterbitkannya e-FIN.

Dengan memasukan NPWP dan e-FIN, maka wajib pajak akan menerima kode password yang dikirim ke alamat email wajib pajak. Password tersebut bersama dengan NPWP digunakan untuk masuk / login ke e-Filing. Mulailah wajib pajak dapat mengisi SPT-nya secara online, tanpa antri dan gratis.

Setelah mendengar sosialisasi tersebut, Bupati Banjar H Khalilurrahman berpendapat bahwa dengan adanya e-filing ini, para pejabat, pegawai negeri sipil lingkup Pemkab Banjar dan para wajib pajak lainnya akan lebih mudah melaporkan data-data perpajakan (dalam hal ini SPT Tahunan PPh Orang Pribadi).

Setiap lapisan masyarakat khususnya wajib pajak yang ada di Kabupaten Banjar akan lebih mudah melaporkan dan rajin membayar pajak demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Republik Indonesia.

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah H.Nasrunsyah, Kakanwil Pajak Wilayah Kalsel/Teng Toto Hendriyanto, Asisten Pemerintahan Setda Banjar Hary Supriyadi, Kepala Dinas Pendapatan Kab. Banjar H.Syahrialludin , SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar lainnya, TNI, Polri dan tokoh masyarakat Kabupaten Banjar (Ronie/Boma/Kus)