Walikota Ambon Canangkan Penanaman Kedelai Menuju Swasembada

:


Oleh MC Kota Ambon, Senin, 14 Maret 2016 | 11:47 WIB - Redaktur: Tobari - 519


Ambon, InfoPublik – Walikota Ambon Richard Louhenapessy SH mencanangkan penanaman perdana tanaman kedelai sekaligus pemberian bantuan alat alat pertanian kepada kelompok-kelompok tani Dusun Taeno, Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Sabtu (12/3).

Pencanangan tersebut, dilakukan dalam rangka menjamin ketahanan pangan serta menghadapi era perdagangan bebas, dimana kabinet kerja telah menetapkan target pembangunan pertanian, dengan melakukan swasembada padi dan jagung serta swasembada kedelai tahun 2017.

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian Pertanian melakukan upaya khusus (upsus) melalui peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai dengan berbagai kegiatan.

Di antaranya, perbaikan jaringan irigasi, optimalisdasi lahan dan air, bantuan alat dan mesin pertanian,serta bantuan benih dan bantuan pupuk, pengawalan dan pendampingan terpadu oleh penyuluh pertanian dan TNI-AD.

Pemerintah mengembangkan sistem pengawalan dan pendampingan penyuluh pertanian yang efektif dalam mendampingi petani untuk mencapai swasembada yang berkelanjutan tersebut, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penerapan teknologi anjuran.

“Hal ini dimaksudkan untuk mepercepat proses desiminasi inovasi teknologi kepada petani,’’ kata Walikota Richard Louhenapessy.

Disebutkan, bahwa komoditi kedelai baru pertama kali dikembangkan di Kota Ambon. Karena itu,  Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Ambon harus memberikan perhatian khusus kepada petani yang ada di Dusun Taeno.

“Saya berharap lokasi ini akan menjadi kawasan penyangga dan sentra produksi tanaman pangan dan holtikultura di Kota Ambon,” kata Walikota.

Tanaman kedelai sangat dibutuhkan di Kota Ambon, khususnya bagi industri pengolahan tempe dan tahu maupun susu kedelai, karena ada empat industri tempe dan tahu yang setiap hari membutuhkan kurang lebih 4 ton kedelai sebagai bahan pokok produksi tahu dan tempe serta susu kedelai.

“Ini membuktikan bahwa komoditi ini layak untuk dikembangkan di Kota Ambon khususnya di Dusun Taeno dan sekitarnya,’’ katanya. (DL/toeb).