Dinkes Muba Lakukan Pemeriksaan Kesehatan CJH

:


Oleh MC Kab Musi Banyuasin, Jumat, 11 Maret 2016 | 10:57 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 513


Sekayu, InfoPublik  - Guna memberikan pelayanan terbaik kepada Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Dinas Kesehatan (Dinkes) Muba saat ini terus mengoptimalkan kinerja dengan melakukan pertemuan teknis pemeriksaan kesehatan CJH Tahun 2016, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinkes, Kamis, (10/3).

Kepala Dinkes Muba dr H Taufik Rusydi, MKes saat membuka pertemuan mengatakan Puskesmas adalah tempat penyaringan pertama status kesehatan jemaah haji. Kegiatan yang dilakukan di puskesmas antara lain pembinaan bagi calon jemaah haji.

Bagi calon haji yang sehat dilakukan pembinaan bagaimana cara menjaga kesehatan agar tetap baik hingga saat keberangkatannya. Pembinaan yang diberikan seperti memotivasi untuk melakukan latihan kesegaran jasmani. Bagi calon haji sakit, diberi pengobatan/dirujuk dan selanjutnya dilakukan pembinaan sebagaimana calon haji lain.

Lanjutnya, pemeriksaan kesehatan CJH ini merupakan pelayanan publik, jadi dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terbaik baik di tingkat pertama Puskesmas maupun tingkat rujukan di Rumah Sakit, sehingga kondisi kesehatan para jemaah haji sejak sebelum keberangkatan, selama melaksanakan ibadah hingga sekembalinya dari Tanah Suci ke tanah air dalam kondisi yang sehat dan diharapkan juga pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntutan agama serta jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri sehingga diperoleh haji mabrur.

Turut hadir pada pertemuan ini yakni Sekretaris Dinkes Muba H. M Madali, SKM, MM, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Hj Dewi Etikawati, Perwakilan Rumah Sakit Sekayu dr Asep Zainudin, SPPK, Perwakilan dari enam Puskesmas yang ada diwilayah Kabupaten Muba serta Pegawai Dinkes Muba yang termasuk di dalam Tim Pemeriksaan Kesehatan CJH. (MC. Muba / Angga/Eyv)