Sosialisasi Pendataan 2016 Bersama Kepala Sekolah

:


Oleh MC Kota Padang, Kamis, 10 Maret 2016 | 08:14 WIB - Redaktur: Tobari - 161


Padang, InfoPublik - Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang  melaksanakan sosialisasi pendataan tahun 2016  sekaligus  sebagai tindak-lanjut dari  Rapat Koordinasi Nasional Lembaga Pendataan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI  di Jakarta, beberapa hari lalu.

Hal ini bertujuan untuk  menciptakan sepemahaman  antara kepala sekolah dan operator, dan meningkatkan koordinasi dan konsolidasi dalam pengelolaan dan  data pendidikan yang lebih baik lagi.  

Hal ini disampaikan  ini Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang,   diwakili   Kepala UPTD  P2Dapodik & IT Syuhadi, M.kom dan Irwan, pada acara sosialisasi pendataan tersebut di aula Dinas Pendidikan, Selasa (8/3).

Kagiatan ini diikuti para kepala sekolah SMP, SMA, MKKS  dan SMK, Kepala UPTD serta pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan sebanyak 96 orang.   

Dan setelah para Kepala Sekolah memahami tentang pendataan  pendidikan sekolah dimaksud, maka  bisa pula menyampaikan kepada petugas  operatornya. Sehingga tidak terjadi lagi  kurangnya koordinasi antara operator dengan Kepala Sekolah. Kedepan tentu akan terjalin satu pemahanan antara operator dengan kepala sekolahnya.  

Menurut Syuhadi, sistem pendataan   yang valid merupakan sumber data dan jadi rujukan  utama  bagi pendidikan nasional, serta bagian dari program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan yang  cerdas dan kompetitif.

Untuk  melaksanaan program pendidikan secara tepat sasaran, juga dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date.

Dengan ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program dapat dilaksanakan dengan terukur, tepat sasaran, efektif dan  efisien. 

Tujuan pendataan di setiap  sekolah adalah untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat, dan  lengkap, dapat dipertanggungjawabkan. Data dari sekolah akan digunakan oleh  Dinas Pendidikan Kota Padang dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI  untuk perencanaan dan evaluasi program pendidikan.  

Data yang diperoleh dari sekolah akan digunakan untuk dasar perencanaan, evaluasi dan kebijakan  serta dasar bagi pemerintah untuk pemberian berbagai hal ke sekolah, ucap Syuhadi. 

Sejalan dengan itu,  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud-RI) juga telah meluncurkan tiga website yang bisa dilihat bagi orang yang berkepentingan terhadap pendidikan.

Ketiga Website tersebut  adalah http://www.sekolahkita.info, jendelan pendidikan. Com, dan neraca pendidikan.com.  Pemerintah tidak bisa lagi menjalankan pendidikan dan kebudayaan semata-mata sebagai program pemerintah.

Pelibatan publik harus dibangun. Artinya kita membangun bukan hanya sumber dayanya tetapi juga ekosistemnya. Hal ini sekaligus menyamakan persepsi dan komunikasi antar pengelola pokok data pendidikan  dengan pimpinanya. (mc padang/Irwandi Rais/toeb)