TNI AL Siap Amankan Perbatasan

:


Oleh MC Kabupaten Subang, Senin, 7 Maret 2016 | 10:38 WIB - Redaktur: Kusnadi - 537


Subang, InfoPublik – TNI AL terus memperkuat personil di perbatasan, pulau terluar dan pulau-pulau terdepan terlebih dengan menghangatnya situasi di Laut Tiongkok Selatan akhir-akhir ini.

 Menurut Komandan Korps Marinir, Mayor Jendral TNI (Mar) Buyung Lalana, pada dasarnya seluruh pantai kita bisa didarati oleh musuh, artinya TNI AL harus punya kekuatan marinir untuk menjaga pantai.

”Untuk itu kita memperkuat profesionalisme dan memperkuat TNI di laut, sesuai dengan program,” ujar Buyung disela-sela kegiatan Bakti Sosial Korps Marinir di Ciater Subang Jawa Barat, Sabtu (5/3).

Penguatan personil dilaksanakan dengan memonitor kesiapan serta kebutuhan personil di perbatasan, diantaranya ketersediaan air untuk keperluan sehari-hari.

Bahkan dibeberapa daerah, ketersediaan air harus dipasok dari daerah lain dengan waktu yang berhari-hari.

”Di antaranya seperti di Torasi, Merauke Papua sana. Kesulitannya cukup tinggi,” ujarnya.

Situasi terakhir di Laut Tiongkok Selatan saat ini masih menghangat dan eksistensi pasukan tetap dijaga untuk menjaga kedaulatan NKRI. Untuk itu TNI, lanjut Buyung, memohon dukungannya terutama do’a supaya personil Indonesia diberikan kekuatan.

“Karena tugas mereka di sana cukup lama bisa sampai 7-12 bulan di sana (karena tugas),” imbuhnya.

Selanjutnya kata Buyung, kebutuhan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI AL membutuhkan peralatan berupa kavaleri, altileri dan amphibi dengan  sekoci-sekoci dan kapal angkut untuk kegiatan tugas pertahanan.(Mc Kab. Subang/Kus)