Walikota Pariaman Imbau Warga Lakukan Sholat Gerhana

:


Oleh MC Kota Pariaman, Minggu, 6 Maret 2016 | 07:32 WIB - Redaktur: Tobari - 388


Pariaman, InfoPublik - Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengimbau kepada masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar melaksanakan sholat gerhana, saat Gerhana Matahari Total (GMT) terjadi pada 9 Maret mendatang.

Iimbauan ini disampaikan Walikota saat wirid ASN Pemkot Pariaman, di Masjid Nurul Iman Kampung Tarandam Kota Pariaman, Jum’at (4/3).

“Jika cuaca mendukung, sholat akan kita pusatkan di halaman Balaikota Pariaman, bagi yang berhalangan hadir bisa melaksanakan sholat di seluruh masjid yang berada di wilayah kita,” kata Wako.

Menurut Wako, GMT merupakan peristiwa langka yang istimewa, karena wilayah daratan yang dilalui hanya Indonesia, diperkirakan gerhana matahari di Kota Pariaman  sekitar 95%, dan akan terlihat sekitar pukul 07.00-07.30 WIB.

Ini merupakan bukti keagungan sang pencipta, dengan menyejajarkan posisi bumi, bulan dan matahari, menunjukkan bukti kekuasaan yang agung diluar kemampuan manusia.

Sehingga ujarnya, Rasulullah SAW menyunnahkan umatnya, setiap terjadi gerhana agar menengaadahkan muka, menghadap Allah SWT, yakni, mengerjakan shalat secara berjamaah sesuai hadis yang diriwayatkan Bukhari-Muslim.  (K@m!k0/toeb)