Malang Diguncang Gempa Berkekuatan 5,2 SR

:


Oleh H. A. Azwar, Rabu, 2 Maret 2016 | 16:41 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 377


Jakarta, InfoPublik - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan, telah terjadi gempa dengan kekuatan 5,2 Skala Richter pada Rabu (2/3) pukul 13:09:10 WIB.

Pusat gempa ada di laut pada kedalaman 19 km di 81 km Barat Daya Kabupaten Malang Jawa Timur.Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu (2/3).

Menurut Sutopo, gempa sangat terasa sedang hingga cukup keras di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang selama 5 sampai 10 detik.

“Masyarakat sempat panik berhamburan keluar rumah. Masyarakat di sekitar pantai selatan Malang merasakan guncangan keras dan berhamburan keluar,” ujarnya.

Gempa juga dirasakan masyarakat hingga di Bantul dan Yogyakarta. Guncangan gempa dirasakan dengan intensitas IV MMI di Karangkates, III MMI di Blitar, II-III MMI di Yogyakarta, II-III MMI di Nganjuk, II MMI di Lumajang, III MMI di Tulungagung, II MMI di Trenggalek, II-III di Bantul dan III-IV di Malang.

Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan akibat gempa. BPBD masih melakukan pemantauan dan pendataan di daerah masing-masing, pungkas Sutopo.