Peternak Unggas Tuntut Harga Jual Ayam Diatas Biaya Produksi

:


Oleh Baheramsyah, Selasa, 1 Maret 2016 | 16:03 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 304


Jakarta, InfoPublik - Sejumlah peternak unggas dari berbagai daerah yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Penyelamatan Peternak Rakyat dan Perunggasan Nasional berunjuk rasa menuntut kenaikan harga jual ayam.

Mereka melakukan aksinya bersama-sama dengan mahasiswa dari BEM IPB. Pendemo ini mengaku harga jual ayam hidup sangat terpuruk dan mereka berharap harga bisa di atas Biaya Pokok Produksi (BKP).

“Kami dari peternak rakyat meminta pemerintah untuk mengatur harga ayam hidup karena kondisinya saat ini sangat memprihatinkan,” ujar Hartono yang merupakan utusan dari Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat saat berorasi di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (1/3).

Menurut Hartono, peternak berharap harga jual ayam hidup di atas biaya pokok produksi (BPP) peternak rakyat yang saat ini sebesar Rp 18.500 per kilogram, sementara harga jual ayam dikandang Rp 8.000 per kilogram.

Selain itu meminta untuk penataan supply sesuai dengan permintaan konsumen akhir, antara lain dengan cara yang sesuai dengan peraturan pemerintah dan yang terakhir membuat regulasi tataniaga yang adil untuk peternak rakyat dalam bentuk peraturan presiden ataupun peraturan menteri.

Aksi yang digelar sejak pukul 10.30 WIB diikuti oleh para peternak ayam hidup sambil membawa atribut berupa spanduk, poster dan juga beberapa ekor ayam sebagai simbol.