50 Transmusi Resmi Beroperasi Di Palembang

:


Oleh MC Kota Palembang, Senin, 29 Februari 2016 | 14:04 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 813


Palembang, InfoPublik -  Wali Kota Palembang, Harnojoyo meresmikan 50 bus rapid transit Transmusi beroperasi, Senin, (22/2) di Taman Bawah Jembatan Ampera.

Peresmian itu sekaligus perayaan hari jadi ke-6 Transmusi. Di acara itu juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman antara PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya sebagai pengelola Transmusi dengan Bank Sumsel Babel terkait penggunaan sim card.

50 unit bus itu bantuan hibah dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Merek busnya Hino langsung dari Jepang, berukuran besar, lengkap dengan AC dan tempat duduk memenuhi standar. “Pokoknya sangat nyaman untuk masyarakat Palembang,” ujar Wali Kota Palembang, Harnojoyo.

Ia menyatakan bus ini untuk mendukung program Palembang dalam memberikan layanan transportasi massal yang aman dan nyaman bagi warganya. “Sebagai Kota Metropolitan, sudah selayaknya Palembang mempunyai transportasi umum yang modern, sekaligus nyaman, saya lihat bus bantuan dari Kemenhub ini sangat bagus,” ujarnya.

Dirinya menyebutkan saat ini telah beroperasi 200 bus Transmusi, dan diupayakan penambahan lagi untuk kesiapan menyongsong Asian Games 2018 di mana Palembang jadi salah satu tuan rumah. Harnojoyo juga mengapresiasi upaya SP2J untuk mendapatkan tambahan 50 unit bus ini.

“Kami berharap PT SP2J dapat maksimal mengelola Transmusi saat ini. Kita juga siap membantu jika ada sesuatu yang sama-sama menuju kebaikan bagi Kota Palembang,” ujarnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Dadan, mengatakan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, merupakan kewajiban pemerintah untuk menyediakan angkutan umum dengan penerapan Standar Pelayanan Minimal.

“Tujuan pengembangan angkutan perkotaan ialah bagaimana Transmusi ini menjadi pilihan terbaik masyarakat dalam bertransportasi,” ujar Dadan. Direktur SP2J, Ahmad Novan, mengatakan, 50 bus ini dioperasikan untuk trayek luar kota, terutama untuk rute Unsri-Inderalaya dan Tanjung Senai-Inderalaya. SP2J juga akan mengaktifkan lagi rute Palembang-Banyuasin.

“Jika memungkinkan, Transmusi juga akna melewati Jalan H M Noerdin Pandji,” sebut Novan.Jalan Noerdin Pandji adalah jalan lingkar yang baru-baru ini diresmikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Lokasinya di Sukawinatan, Kecamatan Sukarami. Jalan tersebut dekat dengan Bandara dan arah Kenten Laut.

Rute Ampera-Kenten Laut dan arah Kenten Laut yang selama ini lewat dari Kusuma Bangsa, juga bakal diaktifkan lagi, malah akan ditambah lagi dengan trayek dari arah Giant (Jl MP Mangkunegara). Soal tarif, Novan mengatakan Rp 5.500 untuk sekali jalan. Tapi untuk pelajar berseragam ada harga khusus, yakni Rp 3.000.

Ditanya soal smart card, Novan, mengatakan, kartu pintar itu akan diterapkan lagi seperti tahun-tahun sebelumnya.“Smart Card dibuat oleh pihak MDP. Saat peluncuran langsung digunakan smart card,” jelasnya.Ia mengatakan warga bisa mendaftar atau memperoleh smart card di kantor-kantor cabang Bank Sumsel Babel dengan syarat dan ketentuan berlaku.

“Kita berharap, adanya tambahan ini bisa mempercepat durasi jalan Trans Musi dari satu halte ke halte lainnya. Sehingga masyarakat kita tidak menunggu begitu lama lagi,” katanya. (MC.Kota Palembang/Ria Amelia/Hidayatullah/Eyv)