Bupati dan Wabup Jalani Prosesi Adat Gorontalo Moloopu

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Senin, 29 Februari 2016 | 08:33 WIB - Redaktur: Tobari - 2K


Bone Bolango, InfoPublik – Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Wakil Bupati (Wabup) Mohamad Kilat Wartabone menjalani prosesi upacara adat Gorontalo Moloopu. Moloopu merupakan upacara penjemputan secara adat dari rumah kediaman pribadi Bupati dan Wabup ke rumah dinas jabatan (Yiladia).

Upacara kebesaran adat Moloopu ini dilaksanakan di awal masa jabatan Bupati Hamim Pou dan Wabup Mohamad Kilat Wartabone.

Upacara ini, selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat, juga merupakan wujud pengakuan rakyat atas ketokohan dan kepemimpinan serta rasa syukur masyarakat adat kepada pemimpin maupun khalifahnya.

Upacara kebesaran adat Moloopu ini diselenggarakan secara Pongo-pongoabe Daa, artinya dilaksanakan menurut tata upacara kebesaran adat Gorontalo oleh segenap pemangku adat negeri Uduluwo Lo U Limo Lopohalaa.

Untuk prosesi upacara adat Moloopu Bupati Bone Bolango Hamim Pou itu diselenggarakan dari rumah kediamannya di Desa Popodu Kecamatan Bulango Timur ke rumah dinas jabatan atau Bandayo Lo Bone Bolango di Desa Ulantha Kecamatan Suwawa, Sabtu (27/2).

Sementara untuk, Wabup Bone Bolango Mohamad Kilat Wartabone dari rumah kediaman pribadi di Desa Boludawa Kecamatan Suwawa ke rumah dinas jabatan (Yiladia) Wakil Bupati di Desa Boludawa Kecamatan Suwawa, Minggu (28/2).

Wakil Bupati Bone Bolango Mohamad Kilat Wartabone ketika diwawancarai usai menjalani prosesi upacara adat Moloopu, Minggu (28/2), mengatakan pihaknya sangat bersyukur karena pelaksanaan adat Moloopu, baik Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango itu telah terselenggara dengan baik.

Dengan demikian, dirinya dan Bupati Hamim Pou secara adat telah resmi diterima oleh pemerintah daerah Kabupaten Bone Bolango.

“Alhamdulillah, seluruh proses mulai dari prosesi kenegaraan yakni pelantikan dan serah terima secara administratif kami sudah selesai jalani, termasuk di dalamnya secara kearifan lokal yakni prosesi adat Moloopu juga telah selesai dilaksanakan dan dijalani,” kata Kilat Wartabone.

Wabup Kilat Wartabone berharap dengan telah dilaksanakannya upacara adat Moloopu, baik Bupati dan Wakil Bupati, ini akan menjadi salah satu momentum merekatkan kembali silaturahim dan kekeluargaan serta kebersamaan seluruh masyarakat di Kabupaten Bone Bolango yang kemarin pada pelaksanaan Pilkada sempat terkotak-kotak karena berbeda pemahaman dan pilihan.

”Insya Allah dengan momentum adat Moloopu ini akan merekatkan kekeluargaan dan kebersamaan kita semua. Kita ini adalah rakyat dan masyarakat Bone Bolango yang satu, tidak ada yang namanya berbeda-beda,”ujarnya.

Untuk itu, Wabup Kilat Wartabone mengatakan di dalam melaksanakan tugas-tugasnya membantu Bupati Hamim Pou pada pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Bone Bolango, ia meminta masyarakat untuk mengawasinya.

”Saya bukan malaikat, saya adalah manusia biasa tentu tidak luput dari kesalahan-kesalahan,” katanya.

Olehnya itu, ia minta masukan dari masyarakat terutama dari pemangku adat agar bisa menasehati kami supaya perjalanan pemerintahan Hamim-Kilat (HAK) untuk periode 2016-2021 ini bisa berjalan lancar dan merealisasikan janji-janji saat kampanye pada Pilkada kemarin.(Hms/Kadir/toeb)