Hotspot di Sumatera Meningkat Lagi Menjadi 47 Titik

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 26 Februari 2016 | 14:57 WIB - Redaktur: Tobari - 279


Pekanbaru, InfoPublik - Jumlah titik panas atau hotspot di Sumatera, Jum’at (26/2) pagi, kembali meningkat. Jika sehari sebelumnya hanya terpantau 43 titik, hari ini jumlah hotspot bertambah menjadi 47 titik.

Kepala Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sugarin mengatakan peningkatan titik panas ini terjadi di Provinsi Aceh dan Riau. 

"Dari pencitraan satelit terra dan aqua pagi ini terdapat 47 hotspot tersebar di Pulau Sumatera, yaitu di Riau 15 titik, Aceh 16 titik, Sumut 12 titik, Bengkulu 2 titik, dan Lampung 2 titik," tuturnya.

Untuk Riau sendiri, sambungnya, titik panas tersebar di 4 kabupaten, seperti Bengkalis 11 titik, Siak 2 titik, Pelalawan 1 titik, dan Kepulauan Meranti 1 titik.

Menurutnya, pada hari ini Riau masih berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai petir, khususnya di wilayah Riau bagian barat dan tengah. Lebih jauh dikatakan Sugarin, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait terkait meningkatnya titik panas di Riau ini.

"Kita terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, agar dilakukan pencegahan kebakaran lahan ini," katanya. (MC Riau/yan/toeb)