Riau Dan Kepri Teken MoU Pengembangan Wisata

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 26 Februari 2016 | 09:28 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 291


Pekanbaru, InfoPublik  -  Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman bersama Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait pengembangan ekonomi kreatif dan kepariwisataan di kedua provinsi.

Diharapkan melalui nota kesepahaman tersebut baik Provinsi Riau mau pun Kepulauan Riau akan menjadi mitra yang bisa bersama-sama mempromosikan potensi masing-masing destinasi dikedua promosi, seperti halnya antara Bali dan Lombok.

"Saat ini, kita memang sedang fokus mengangkat sektor pariwisata di Riau. Kita berharap, potensi pariwisata yang tersebar di kabupaten/kota ini ke depan akan mampu menunjang perekonomian di Riau," kata Plt Gubri yang biasa disapa dengan Andi Rachman, Rabu ,(25/2).

Menurut Andi, potensi pariwisata di negeri lancang kuning sebenarnya bisa bersaing dengan provinsi lainnya yang memang sudah dianugerahi dengan wisata alam. Namun jika potensi yang ada saat ini dilakukan dengan maksimal, sangat mungkin Riau juga mampu berjualan ke daerah lainnya termasuk manca negara dalam hal pariwisata.

Di antaranya Riau memiliki wisata budaya yang sudah mendunia, seperti Destinasi Istana Kerajaan Siak serta Candi Muara Takus di Kampar. Dua destinasi yang sama-sama peninggalan sejarah ini juga didukung destinasi lainnya mulai Bakar Tongkang di Bagansiapi-api, Pacu Jalur di Teluk Kuantan, Pantai di Rupat Utara. 

Memang menurut Andi, untuk mewujudkan hingga potensi wisata tersebut benar-benar menjadi tumpuan perekonomian, harus ada upaya maksimal lagi untuk mengangkat destinasi wisata seperti halnya provinsi tetangga Kepulauan Riau dan Sumatera Barat.

Provinsi Riau terus melakukan sinergitas masing-masing instansi termasuk upaya promosi yang dilakukan pemerintah provinsi.  Sementara Kepala Dinas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Riau, Fahmizal Usman menyatakan melalui MoU yang sudah ditandatangani kedua kepala daerah tersebut, baik Pemprov Riau maupun Kepri akan saling mendukung dan dapat mempromosikan destinasi kepariwisataan baik di Riau mau pun Kepri.

Selain itu, melalui kerja sama ini juga akan mampu menjembatani para turis yang berkunjung di Kepri menuju Riau. Melalui nota kesepaham yang telah dilakukan tersebut, merupakan langkah awal ditengah upaya pihaknya mempromosikan wisata Riau agar nantinya menjadi sektor unggulan.

"Kitakan masing-masing punya destinasi yang menunjang. Harapan kita tentu akan ada alur jalan dari Kepri ke Riau. Bisa sama-sama saling mempromosikan," ungkap Fahmizal.

Adapun pasca MoU itu nantinya, Fahmi menyatakan akan segera menindaklanjuti dengan cepat termasuk meningkatkan dan mengembangkan ekonomi kreatif dalam rangka menunjang kepariwisataan di Riau. (MC Riau/mtr/eyv)