Wakil Gubernur Kalbar Buka Pawai Cap Go Meh Singkawang

:


Oleh MC Kota Singkawang, Rabu, 24 Februari 2016 | 08:17 WIB - Redaktur: Tobari - 786


Singkawang, InfoPublik - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandi Sanjaya membuka pawai Cap Go Meh Singkawang Tahun 2016, Senin (22/2). Sebanyak 612 tatung beratraksi unjuk kebolehan dalam Festival Cap Go Meh Singkawang tersebut.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandi Sanjaya mengatakan, perayaan Festival Cap Go Meh di Singkawang dari tahun ke tahun semakin membaik. "Tahun depan, pelaksanaannya diharapkan bisa lebih baik lagi," katanya, saat membuka pawai Cap Go Meh Singkawang.

Dia juga mengimbau, agar masyarakat Kota Singkawang bisa menciptakan rasa keamanan dan kenyamanan selama perayaan ini berlangsung. "Ciptakan rasa aman dan nyaman, dan layanilah tamu dengan baik," pesannya.

Terlebih, Cap Go Meh Singkawang masuk dalam kategori Wonderfull Of The World paling Wow. Sehingga, tahun ini Pemerintah Provinsi Kalbar menargetkan sebanyak 12 juta wisatawan yang berkunjung ke Kalbar dalam rangka perayaan ini.

Dalam kesempatan itu, Walikota Singkawang Awang Ishak mengatakan, selain Imlek dan Cap Go Meh, masih banyak budaya Tionghoa yang bisa diangkat, seperti mandi bakcang dan sembahyang kubur.

Tahun ini, Pemkot Singkawang akan membuat tempat mandi bakcang di gunung Roban, samping Batalyon 641, yang dinamakan Taman Permandian Dewi Kwan Im. "Rencananya tahun 2016. Jadi akhir jabatan saya, ada tempat mandi bakcang," ujarnya.

Disamping itu, Walikota Awang juga berharap kepada Wagub Kalbar supaya Bandara Singkawang menjadi prioritas, karena tanpa Bandara kota wisata tidak akan pernah ada.

Sementara itu, sejak pagi sebelum pawai tatung dimulai, ribuan warga sudah memenuhi ruas-ruas jalan yang akan dilalui ratusan tatung. Sejumlah anggota kepolisian yang ditugaskan untuk mengatur lalu lintas kendaraan pun terlihat sibuk mengatur kendaraan yang sedang melintas. (eddy/toeb)