Keindahan Taman Bawah Laut Enggano Jadi Wisata Unggulan

:


Oleh MC Bengkulu Utara, Selasa, 23 Februari 2016 | 13:27 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Argamakmur, InfoPublik - Keindahan alam bawah laut yang dimiliki Pulau terluar Bengkulu Utara yaitu Pulau Enggano membuat Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata tergiur untuk menggarap Pulau Enggano. Survei itu  telah membuktikan bahwa terumbu karang yang dimiliki Enggano masih dalam kondisi 40 persen hingga 60 persen. Dengan demikian, layak untuk dijadikan objek wisata bawah laut.

Kepala Disporapar Bengkulu Utara, Nazarudin T, M.Pd, baru-baru ini,  mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara sedang menggarap Pulau Enggano agar menjadi daerah tujuan wisata.“Enggano merupakan kepalauan yang terunggul di Kabupaten Bengkulu Utara. Hal ini terbukti dari hasil survei Kampala Universitas Bengkulu, terumbu karang yang dimiliki Enggano berada pada 40 persen hingga 60 persen. Untuk mewujudkan hal ini, akan kita lakukan survei, dan dilanjutkan dengan ekspedisi," jelasnya.

Dijelaskannya, pada tahap ekspedisi meliputi area yang akan dijadikan wisata laut di Kepulauan Enggano dan akan melibatkan tokoh masyarakat yang ada di enam desa, termasuk dengan pemerintah yang ada di kepulauan tersebut. “Dari tahun 2014 dan 2015, kita sudah melakukan survei, dan ditahun 2016 ini kita akan kembali melakukan survei ke Pulau Enggano dengan melibatkan pihak yang terkait. Kita optimis Enggano akan lebih maju setelah wisata laut dibuka,” katanya.

Ditambahkannya, dengan dibukanya wisata bawah laut Enggano ini semoga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bengkulu Utara khususnya Enggano dan bisa berdampak baik diseluruh sektor seperti Ekonomi, Sosial, maupun Budaya bagi asyarakat setempat. (MC.Bengkulu Utara/BgS/Eyv)