Kemnaker Maksimalkan Pelayanan TKI Melalui Sistem Online

:


Oleh H. A. Azwar, Senin, 22 Februari 2016 | 22:09 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 416


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Ketenagakerjaan menggagas sistem pelayanan tenaga kerja Indonesia secara online agar TKI yang akan bekerja keluar negeri menjadi subjek dari proses migrasinya sendiri.

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemnaker Hery Sudarmanto dalam audiensi dengan Koalisi Perempuan Indonesia untuk Keadilan dan Demokrasi di kantor Kemnaker, Jakarta, Senin (22/2) mengatakan, sistem tersebut dalam rangka memaksimalkan pelayanan terhadap TKI.

Informasi kepada masyarakat harus jelas. Selama ini masyarakat banyak memperoleh informasi melalui calo. Sekarang masyarakat bisa memilih sendiri karena pemerintah telah menyediakan layanan informasi online, kata Hery.

Menurutnya, negara harus hadir untuk memberikan pelayanan dan sistem informasi yang mudah, murah, cepat, aman, transparan dan berkualitas.

Kemnaker bertekad untuk memaksimalkan perlindungan terhadap TKI agar eksploitasi, pembohongan dan pembodohan TKI tidak terjadi lagi. Jangan sampai TKI berangkat tidak punya apa-apa, pulang juga tidak punya apa-apa, ujar Hery.