Bupati Bulungan Siap Lakasanakan Program Prioritas APBD-P

:


Oleh MC Kabupaten Bulungan, Senin, 22 Februari 2016 | 13:57 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 514


Bulungan, InfoPublik - Mengingat APBD 2016 sudah disahkan DPRD Sementara, Bupati dan Wakil Bupati Bulungan terpilih baru dilantik pada 17 Februari 2016, sehingga program-program prioritas yang menjadi visi dan misi kepala daerah baru akan dituangkan dalam APBD Perubahan 2016.

“Untuk beberapa bulan ke depan, kita melaksanakan apa yang sudah dituangkan dalam APBD, nanti di APBD Perubahan baru kita masukkan apa yang menjadi visi, misi dan janji kami kepada masyarakat,” ucap Bupati Bulungan, H. Sudjati, SH saat menghadiri HUT Desa Karang Agung ke 33 di Halaman Kantor Desa di Kecamatan Tanjung Palas Utara, Senin, (22/02).

Beberapa program yang menjadi visi dan misi serta prioritas Bupati yaitu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti listrik dan infrastruktur jalan hingga pembangunan Kabupaten Bulungan sebagai kawasan pangan berbasis industri.

“Hal yang paling utama yaitu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,” ujarnya Ditambahkannya, kebutuhan dasar seperti listrik serta perbaikan jalan-jalan pelosok menjadi prioritas agar hasil-hasil pertanian dapat didistribusikan lebih lancar dan industrinya dapat berkembang. Selain itu, APBD Bulungan 2016 sebesar Rp1,2 triliun saat ini juga masih fokus pada pembangunan infrastruktur dasar bagi masyarakat.

“Harapan saya, APBD Bulungan ini dapat fokus membangun di daerah pelosok di 10 kecamatan se-Bulungan karena di ibukota kabupaten sudah ada Pemprov Kaltara yang membangun,” katanya. Disebutkan, pembangunan di kecamatan harus menjadi prioritas, karena merupakan penyangga utama kabupaten. Desa Karang Agung di Kecamatan Tanjung Palas Utara misalnya, merupakan salah satu wilayah basis pangan, yaitu pertanian dan peternakan. Desa yang saat ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 2 ribu jiwa awalnya merupakan wilayah transmigrasi asal Pulau Jawa yang dibuka sejak 1983.

“Desa-desa kawasan pertanian, peternakan dan perkebunan merupakan potensi besar untuk menambah pendapatan asli daerah,” sahutnya. Kades Karang Agung, Jasmin menambahkan, wilayahnya yang pertama dibuka dengan kedatangan 53 kepala keluarga transmigran asal Jepara pada 1983, disusul para transmigran dari Ciamis, Pekalongan, Jember hingga Malang terus berkembang hingga saat ini jumlah penduduk mencapai lebih dari 2 ribu jiwa.

“Kita berharap dengan bimbingan Bupati dan Wakil Bupati Bulungan yang baru, pembangunan di desa akan semakin berkembang,” ucapnya. Pada acara HUT ini, Pemkab melalui Disbudpar Bulungan turut memberikan bantuan sejumlah peralatan olahraga serta mesin kompresor untuk pencuci motor lengkap dengan profilnya. Panitia HUT Desa Karang Agung juga menggelar sejumlah kegiatan seperti pawai pembangunan, pertandingan sepakbola, bola voli, futsal, catur, bulutangkis hingga pertunjukan kesenian kuda lumping.(MC.Kab.Bulungan.Eyv)