Kapolda Melakukan Kunjungan Kerja Ke Kota Tidore Kepulauan

:


Oleh mctidore, Minggu, 21 Februari 2016 | 08:24 WIB - Redaktur: Tobari - 569


Tidore, InfoPublik - Kapolda Maluku Utara Brigjen Polisi Drs. Zulkarnain melakukan kunjungan kerja sekaligus tatap muka bersama dengan jajaran Pemerintah Daerah, Forkopimda, Camat, Lurah, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat Kota Tidore Kepulauan, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Jum’at (19/2).

Kapolda bersama rombongan tiba di pelabuhan Trikora Goto pukul 09.00 diterima oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Muhammad Sinen bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Selanjutnya rombongan melakukan kunjungan ke Polres Tidore dan bertatap muka di kantor Walikota.

Dalam sambutannya, Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim mengatakan situasi kemanan di Tidore selalu kondusif, sehingga memberi rasa aman dan nyaman kepada segenap warga kota untuk beraktifitas seperti biasa.

Dikatakan bahwa,  pada tanggal 17 Februari lalu, telah diambil sumpah dan dilantik oleh Gubernur Maluku Utara sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan periode 2016-2021. Ini menunjukkan, bahwa rakyat mempercayai kami berdua, untuk menahkodai pemerintahan ini, menuju masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan berkeadilan.

Menurut walikota, dalam melaksanakan pembangunan lima tahun kedepan, visi yang kami usung adalah "Mewujudkan Kemandirian Kota Tidore Kepulauan Sebagai Kota Jasa Berbasis Agro-Marine".

Tentunya, pertimbangan yang kami lakukan untuk mengusung visi tersebut, setelah memperhatikan isu-isu strategis, memperhitungkan potensi, peluang maupun tantangan pembangunan di Kota Tidore Kepulauan.

"Sangat disadari bahwa, dalam mewujudkan visi tersebut, tidak cukup hanya dilakukan oleh kami berdua saja. Tetapi, dukungan seluruh elemen masyarakat, aparatur pemerintahan, aparat keamanan, terutama jajaran Polri, juga sangat menentukan keberhasilan pembangunan di daerah ini lima tahun kedepan," tutur Ali.

Ali juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kapolda Maluku Utara bersama jajarannya, yang telah sukses melaksanakan tugas pengamanan pada Pemilihan Kepala Daerah serentak di Maluku Utara pada umumnya, dan khususnya di Kota Tidore Kepulauan.

Dengan harapan, adanya sinergi dan kerjasama yang baik, antara pemerintah kota dan masyarakatnya, dengan Polda Maluku Utara, khususnya Polres Tidore, untuk mencipatkan rasa aman, nyaman dan damai, bagi rakyat di Kota Tidore selama lima tahun ke depan.

Sementara Kapolda Brigjen Polisi Drs. Zulkarnain mengatakan kunjungan ini merupakan sebuah kehormatan baginya karena ini merupakan hari kerja kedua Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan.

Dikatakan, tujuan pertama dalam tatap muka ini  adalah silaturahim. Bersilaturahmi yaitu untuk menjalin hubungan batiniyah demi tercapainya sebuah sinergitas antara Polri  dengan masyarakat khususnya di Kota Tidore Kepulauan.

Tujuan berikut ialah menjalankan tiga tugas pokok Polri, yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dan melaksanakan tugas-tugas Polri lainnya.

Kapolda pada kesempatan itu juga menekankan akan pentingnya pemberantasan penyakit masyarakat, yaitu minuman keras. "Minuman keras  adalah pemicu konflik sosial, maka harus dimusnahkan," kata Kapolda.

Kapolda juga mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan. Nantinya, Kota Tidore pada bulan Maret merupakan kota yang terbanyak dikunjungi para wisatawan mancanegara, hal ini merupakan fenomena langkah dan perlu dukungan penuh masyarakat dalam menyambut Gerhana Matahari Total (GMT) pada tanggal 9 Maret nanti.

“Seluruh daerah di Maluku Utara memang dilalui GMT, namun Kota Tidore Kepulauan merupakan daerah yang paling lama durasi terjadinya GMT,” kata Kapolda.

Dalam pertemuan ini juga, Walikota yang didampingi Wakil Walikota memberikan cinderamata kepada Kapolda Maluku Utara berupa Plakat dan sebaliknya Kapolda juga memberikan cinderamata kepada Walikota Tidore Kepulauan. (mc tidore/humas/toeb)