Rio Resmi Berlaga di F1, Menpora Titipkan Merah Putih

:


Oleh Astra Desita, Jumat, 19 Februari 2016 | 07:35 WIB - Redaktur: Astra Desita - 230


Jakarta, InfoPublik - Mimpi pembalap Indonesia Rio Haryanto untuk bergabung dengan tim Manor di ajang balapan di Formula 1 akhirnya tercapai.

Kepastian itu disampaikan pada konferensi pers yang dihadiri Menpora Imam Nahrawi di Gedung Pertamina, Jakarta Pusat, Kamis (18/2).

Rio adalah satu-satunya wakil Asia di ajang balapan bergengsi ini. "Rio sudah resmi menjadi driver Manor di Formula 1. Selamat dan sukses buat Rio," kata Wakil Presiden Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro.

Menpora pada acara tersebut menyerahkan bendera Merah Putih secara langsung kepada Rio Haryanto. "Saya tidak bisa berkata-kata kecuali alhamdulillah. Akhirnya atas kerja keras, doa, tahajud, ayat kursi, dan dukungan Pertamina, Rio menjadi orang Indonesia pertama, bahkan wakil Asia yang tampil di Formula 1. Rio membuktikan bahwa anak Indonesia mampu berdiri sejajar dengan bangsa lain. Jangan biarkan Rio berjalan sendiri. Kita harus dukung bersama-sama," ujar Menpora.

Melalui Skype yang ditampilkan di layar besar, Dave Ryan dari Manor bergembira Rio mendapat dukungan dari Pertamina dan pemerintah Indonesia sepenuhnya. Pesan twitter Manor Racing juga menegaskan kegembiraan ini.

"Kabar baik. Rio akan balapan setahun penuh dengan Manor," tulis twitter Manor.

Rio mengakui dukungan yang diperoleh sangat luar biasa. "Saya terimakasih atas dukungan luar biasa. Tanpa adanya dukungan semua pihak, pemerintah, Pertamina, media, dan masyarakat Indonesia, dukungan kalian semua membuat saya bisa tampil. Saya juga ingin menuai prestasi. Itu tujuan dan target saya. Saya mohon doa dan dukungan semua pihak," kata Rio.

Total pembayaran yang sudah diberikan Pertamina untuk Rio adalah 5 juta euro. Karir Rio (23 tahun) diawali dari balapan Go Kart, kemudian Formula BMW, GP3, GP2, dan Formula 1 yang akan datang. Di ajang Formula 1, Rio akan berpartner dengan pembalap Jerman Pascal Wehrlein yang telah lebih dulu bergabung dengan Manor.