Hubungan Sister City Bandung Dengan Braunschweig Semakin Erat

:


Oleh MC Kota Bandung, Kamis, 18 Februari 2016 | 11:08 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Bandung, InfoPublik – Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Bandung, Evi S. Shaleha menerima kunjungan kerja Wakil Walikota Braunschweig Jerman, Annegret Ihbe di Balai Kota Bandung, Rabu (17/2).

Pertemuan tersebut terkait dengan hubungan kerjasama sebagai sister city antara Kota Bandung dengan Braunschweig. 

"Saya sering mendapat cerita yang baik tentang Bandung dari Wali Kota Braunschweig, dan saya kesini untuk kembali mempererat hubungan pertemanan kedua kota," ujar Annaret Ihbe. 

Dalam kesempatan tersebut pihaknya menawarkan kerjasama terutama di bidang pendidikan diantaranya pertukaran mahasiswa. 

Menurut Evi, Kota Bandung akan menjajaki mengenai masalah kedirgantaraan dan kerjasama Braunschweig.

Lanjut Evi ada potensi yang bisa dijajaki antara lain mengenai pertukaran pelajar, dan bisa dibina karena hal ini merupakan sesuatu yang sangat kongkrit. 

"Tadi Konsulat Jenderal RI juga memfasilitasi, dan tindak lanjut dari kerjsama ini antara lain bisa dengan pemagangan mahasiswa, Kita ada ITB Unpad dan universitas lainnya di Bandung. Terutama dengan perguruan tinggi kedirgantaraan. mudah-mudahan bisa dijajaki dan konsulat jendreral dengan senang hati menfasilitasi," jelasnya.

Tak hanya itu, Evi juga mengatakan alternatif kerjasama juga meliputi terkait impor ekspor barang barang produksi asli Bandung baik seni maupun desain. 

Kerjasama Bandung dan Braunschweig Jerman sebagai sister city sudah terjalin sejak 1960, pada masa Wali Kota R. Priatnakusumah.

Kerjasama tersebut meliputi ekonomi, sosial budaya, pendidikan, pertukaran pemuda, pelatihan dan olahraga. Braundchweig sendiri merupakan kota yang sarat oleh berbagai lembaga penelitian nasional dan universitas tertua di Jerman. 

Terjalinnya kerjasama tersebut merupakan yang paling lama di Indonesia, di Kota Bandung sendiri didirikan monumen sister city yang berada di Jalan Wastukencana.(Mc Kota Bandung/Kus)