TNI Gelar Pengobatan Massal di Puncak Jaya Papua

:


Oleh Yudi Rahmat, Selasa, 16 Februari 2016 | 16:19 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 486


Jakarta, InfoPublik - Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509/Kostrad menggelar pengobatan massal di Kampung Wuyuneri Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Menurut Dansatgas Pamrahwan Mayor Inf Beny Setiyanto, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua dan salah satu upaya teritorial dari Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509/Kostrad. “Satgas akan memberdayakan semaksimal mungkin tenaga kesehatan dan obat-obatan yang dimiliki untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disini,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima infopublik.id, Selasa (16/2).

Kegiatan ini rencananya diadakan secara rutin dan terus menerus di Kabupaten Puncak Jaya, Sorong, Manokwari, Enarotali dan Wuyuneri, dimana dapat dijadikan sarana untuk mempererat hubungan tali silahturahmi antara Satgas dengan masyarakat Papua.  Hal ini merupakan salah satu sebagai perwujudan Kemanunggalan TNI dan rakyat serta menyukseskan program serbuan teritorial yang telah dicanangkan oleh Panglima TNI.

Sementara itu, Lettu Ckm dr. Arnov Lahira Eriskan selaku Dokter Satgas Yonif Raider 509/Kostrad yang memimpin kegiatan pengobatan massal dengan dibantu oleh Tim Kesehatan Satgas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Puncak Jaya dan Ikatan Forum Dokter Puncak Jaya mengatakan bahwa, kegiatan ini diikuti oleh 350 pasien dari berbagai usia, untuk melaksanakan pemeriksaan serta pengobatan gratis dari Tim Kesehatan.

“Sebagian besar penyakit yang diderita oleh masyarakat adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan), nyeri pada persendian, nyeri kepala, demam, gatal-gatal serta luka-luka. Sebagian besar masyarakat masih kurang tingkat kesadarannya dan pentingnya hygienitas diri serta sanitasi lingkungan, sehingga mereka mudah untuk terkena penyakit,” ujar Arnov.

Di tempat yang sama, Tokoh Masyarakat dan Agama di wilayah Wuyuneri Pendeta Kagaban Talenggen mengatakan bahwa kehadiran Pasukan TNI yang tergabung dalam Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509/Kostrad sangat membantu kebutuhan masyarakat, baik itu pelaksanaan pengobatan gratis sampai pembangunan dan perbaikan fasilitas kesehatan. “Terima kasih banyak kepada Komandan Batalyon dan prajurit Yonif Raider 509/Kostrad yang telah banyak membantu masyarakat, pasukan 509 sangat mengesankan, dimana keramahan, dan berbagai upaya bantuan yang diberikan sangat membantu kami disini,” tuturnya.