Pesona Desa Lebong Tandai Bengkulu Utara

:


Oleh Prov. Bengkulu, Selasa, 16 Februari 2016 | 17:08 WIB - Redaktur: Tobari - 20K


Bengkulu, InfoPublik - Desa Lebong Tandai (Desa Batavia Kecil) adalah kawasan yang terletak di Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Desa Lebong Tandai merupakan salah satuk obyek wisata di Provinsi Bengkulu, yang memang layak untuk dinikmati karena memiliki wisata sejarah dan wisata alamnya.

Desa Lebong Tandai ini berada 500 meter dari permukaan laut, sebelah selatan berbatasan dengan Bukit Husin dan sebelah utara berbatasan dengan Bukit Baharu serta dikelilingi Bukit Kelumbuk dan Bukit Lebong Baru.

Menuju lokasi Desa Lebong Tandai Perjalanan dari Kota Bengkulu memakan waktu sekitar 4 jam untuk menuju Kecamatan Napal Putih, demikian Media Center Provinsi Bengkulu melaporkan, Selasa (16/2).

Untuk menuju pusat Desa Lebong Tandai, pengunjung mesti menggunakan alat transportasi tradisional kereta api lori (molek) di Desa Air Tenang atau Stasiun Air Tenang yang tak jauh dari pusat Kecamatan Napal Putih. Setelah tiba di Air Tenang, perjalanan dimulai dengan menaiki Molek untuk menuju Lebong Tandai.

Keberangkatannya pun dijadwalkan pada pagi hari, sekitar pukul 07.00 WIB hingga 08.00 WIB. Menuju lokasi penumpang akan melewati area yang dinamakan Ronggeng, Sumpit, Lobang Batu, Muaro Lusang, Gunung Tinggi, Kuburan Cina, Sungai Landai, Lobang Panjang, Lubang Tengah, Lubang Pendek, Lebong Tandai.

Keindahan Alam di Desa Lebong Tandai (Batavia Kecil) sangat memukau. Seperti, Air Terjun Dam Belanda setinggi 25 meter yang terdapat ikan endemik Suku Pekal yaitu ikan kelari, air panas, napal petak atau napal keramik di Sungai Air Karang Sulu. Di Desa Lebong Tandai, juga terdapat obyek wisata lainnya, seperti Gudang Ampas Emas peninggalan Belanda.

Letaknya pun berada di tengah-tengah desa. Dengan kondisi bangunan masih terlihat kokoh dan menjulang tinggi di tengah desa, objek wisata Napal Basurat atau dinding Sungai yang bertulis huruf Arab yang terdapat di Air Suwo, lokasinya 5 km dari permukiman warga.

Desa Lebong Tandai juga banyak menyimpan peninggalan sejarah berupa, situs Kerajaan Batu di Lubuk Ilan yang berjarak 6 km dari pusat desa, Pemakaman Cina di Gunung Tinggi Pemakaman tersebut merupakan pemakaman keluarga Chow Yung, yang terdapat 3 km dari pusat desa.

Di lokasi tersebut terlihat adanya batu nisan nama-nama keluarga Chow Yung yang sempat berada di Desa Lebong Tandai. Nah jika anda datang ke kota bengkulu, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi wisata Lebong Tandai. yang ada di Kab. Bengkulu Utara. (mcprov.bkl/andi/toeb)