Pemkot Gelar Bimtek Pengelolaan Gaji PNS

:


Oleh MC Kota Ambon, Selasa, 16 Februari 2016 | 13:37 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Ambon, InfoPublik – Pemerintah Kota Ambon terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah melalui peningkatan pelayanan terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS), terutama sistem penggajian di lingkup kerjanya.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kota Ambon Roby Silooy, ketika membacakan sambutan tertulis Walikota Ambon, pada acara bimbingan teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Gaji versi Tabungan Pensiun (Taspen) di Lantai II Pemkot, Senin (15/2).

Menurutnya Bimtek tersebut dilaksanakan untuk mendesentralisasi pengelolaan sistem pengajian PNS, sehingga tercipta sebuah sistem belanja pegawai yang transparan, termasuk gaji.

“Guna mencapai tujuan tersebut, saat ini Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJKP) bekerjasama dengan PT Taspen membuat aplikasi SIM Gaji, yang dibagikan secara gratis kepada seluruh pemerintah daerah dalam mendukung proses pengelolaan gaji PNS,” katanya.

Dijelaskan, aplikasi ini sangat mendukung proses pengelolaan gaji PNS, karena meliputi pembuatan dan pencetakan daftar gaji bulanan dan rapel gaji, mutasi gaji, pangkat atau mutasi dengan perubahan data pegawai.

Diharapkan, dengan diikutinya Bimtek tersebut pengelolaan keuangan akan lebih baik, sehingga kedepan laporan keuangan Pemkot Ambon bisa memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). (DL/toeb)