Walikota Malang Dicurhati Warganya Soal Permukiman Saat Blusukan

:


Oleh MC Kota Malang, Senin, 15 Februari 2016 | 16:12 WIB - Redaktur: Tobari - 418


Malang, InfoPublik - Kelurahan Klojen Kecamatan Klojen menjadi sasaran kedua di tahun 2016 program blusukan kampung yang digelar Walikota Malang H. Moch. Anton bersama jajaran kepala SKPD, Minggu (14/2). Yang istimewa, acara rutin dua mingguan kali ini bertepatan dengan ulang tahun istri Walikota Hj. Dewi Farida Suryani.

Beberapa warga Kelurahan Klojen khususnya para lanjut usia (lansia) mendapat berkah rezeki dari perempuan yang akrab disapa Umi Farida itu, yang secara spontan memberikan tali asih kepada mereka.

Menyusuri gang-gang sempit yang menjadi ciri khas perkampungan di tengah kota, Walikota didampingi Kapolres Malang Kota serta Dandim 0833 Baladhika Jaya, juga berkesempatan melakukan dialog secara langsung dengan warga.

Satu di antaranya yang menjadi curhatan warga Kelurahan Klojen adalah keberadaan beberapa permukiman di sekitar jalur kereta api yang notabene tanahnya adalah milik PT. KAI.

Kegundahan warga atas status huniannya menggambarkan sesungguhnya mereka sadar bahwa sewaktu-waktu bisa jadi lahan tersebut akan dimanfaatkan oleh PT. KAI yang otomatis mereka pun harus berpindah tempat tinggal.

Tentu ini juga akan menjadi perhatian Pemerintah Kota Malang, dan oleh karenanya warga sesungguhnya dapat memanfaatkan keberadaan rumah susun (rusun) yang telah dibangun dan disediakan pemerintah, demikian disampaikan orang nomor satu di lingkungan Pemkot Malang itu.

Apa yang disampaikan pria yang akrab disapa Abah Anton ini sekaligus menjawab pertanyaan warga atas kemungkinan pada suatu saat nanti mereka akan dipindahkan dari lokasi tempat tinggalnya sekarang.

Ditambahkannya, keberadaan rusun memang diperuntukkan bagi warga yang berada pada lokasi-lokasi yang dinilai memiliki potensi kerawanan, seperti hunian di Daerah Aliran Sungai (DAS). (say/yon/toeb)