12 Desa di Kabupaten Indragiri Hulu Mulai Terendam Banjir

:


Oleh Prov. Riau, Senin, 15 Februari 2016 | 08:43 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Pekanbaru, InfoPublik - Setelah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kampar, dan Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, kini giliran Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dilanda banjir. Saat ini 12 desa di dua kecamatan terendam banjir akibat luapan Sungai Indragiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengatakan, banjir merendam belasan desa di Kecamatan Peranap dan Batang Peranap.

"Lokasi banjir di 12 desa ini berbatasan langsung dengan Kuansing. Meluapnya Sungai Indragiri karena tingginya curah hujan di hulu Sungai Indragiri, yakni di Kuansing," jelasnya, Sabtu (13/2).

Saat ini ketinggian air di pemukiman warga terus naik dan masyarakat diminta untuk siaga banjir.

Adapun wilayah yang terkena dampak banjir Kecamatan Peranap sebanyak 9 Desa/Kelurahan, yaitu Desa Batu Rijal Barat (40kk), Desa Batu Rijal Hulu (50kk), Kelurahan Batu Rijal Hilir (190 kk), Desa Setako Raya (185kk), Desa Pauh Ranap (50kk), Desa Gumanti (60kk), Desa Katipopura (49kk), Desa Semelibang Tebing (100kk), dan Kelurahan Peranap (15kk). Total 739 kk.

Sementara di Kecamatan Batang Peranap, desa yang terendam adalah Desa Selunak, Desa Koto Tuo, dan Desa Pematang. Jumlah sementara korban terdampak di Kecamatan Batang Peranap sebanyak 170kk (719) jiwa. (MC Riau/yan/toeb)https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif