Bencana Alam Landa Beberapa Wilayah Indonesia Hingga Akhir Februari

:


Oleh H. A. Azwar, Senin, 15 Februari 2016 | 12:22 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 883


Jakarta, InfoPublik - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bencana banjir, tanah longsor hingga puting beliung tetap berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia hingga akhir Februari.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, hujan lebat akan terus terjadi hingga akhir Februari. Hujan lebat diperkirakan akan terjadi di Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, wilayah selatan Jawa, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Papua.

"Akibat tingginya curah hujan di beberapa kawasan itu, potensi bencana alam tetap tinggi. Masyarakat diharapkan mewaspadai banjir, tanah longsor dan puting beliung yang diperkirakan terjadi hingga akhir Pebruari mendatang," kata Sutopo, Minggu (14/2).

Menurutnya, saat ini ada 290 kabupaten/kota yang terimbas bencana selama musim penghujan. “Hingga saat ini, BNPB mencatat adanya 290 kabupaten/kota yang mengalami bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung. Sebanyak 45 warga meninggal akibat bencana tersebut. Sementara itu, 948.241 warga harus mengungsi dari permukiman asal. Sekitar 4.314 rumah warga di beberapa daerah mengalami kerusakan akibat banjir, tanah longsor dan puting beliung,” ujarnya.

Sutopo menambahkan, selain kerusakan di atas, ada ribuan hektare lahan pertanian warga yang rusak akibat diterjang banjir. Sayangnya, ketika dikonfirmasi lebih lanjut tentang luas lahan dan lokasi lahan pertanian, Sutopo menuturkan pihaknya belum mendata lebih lanjut. “Data seluruhnya belum ada. Kami perkirakan mencapai ribuan hektar,” imbuhnya.

Semantara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hampir sebagian besar wilayah Indonesia mengalami hujan lebat selama sepekan mendatang. Hujan lebat diperkirakan terjadi di Sumatera hingga Papua.

Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG, Harry Tirto Djatmiko mengatakan, hujan lebat pada pekan depan tidak hanya terjadi di Jabodetabek. “Hujan lebat terjadi di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Papua,” kata Harry di Jakarta, Minggu (14/2).

Secara rinci, Harry menjelaskan, hujan lebat diprediksi terjadi di Sumatera Barat, Kepualaun Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung (Sumatera), Banten, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kemudian Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Papua bagian selatan juga akan diguyur hujan.

Karena intensitas hujan masih tinggi, bencana banjir, banjir bandang, dan tanah longsor tetap berpeluang terjadi. Warga di dataran tinggi atau wilayah potensial banjir diharap berhati-hati, pungkas Harry.