Walikota Pariaman Sambut Rombongan Pemuda ASEAN

:


Oleh MC Kota Pariaman, Minggu, 14 Februari 2016 | 08:40 WIB - Redaktur: Tobari - 386


Pariaman, InfoPublik - Sebanyak 85 pemuda ASEAN mengunjungi Kota Pariaman dan disambut langsung Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, di Pendopo Rumah Dinas Wako Pariaman, Jum’at (12/2), dengan harapan kedatangannya menjadi promosi bagi Kota Pariaman di tingkat negara-negara ASEAN.

Ke-80 pemuda ASEA yang tergabung dalam "ASEAN Youth Tourism City"  tersebut berasal dari Malaysia, Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Kedatangan rombongan tersebut, juga disambut Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Reni Mukhlis, Wakil Ketua TP-PKK Ny. Lucy Genius, Ketua KNPI Sumbar Defika Yufiandra, Ketua KNPI Kota Pariaman Riza, Ketua Karang Taruna Kota Pariaman Adek Oswandi, dan Pimpinan SKPD Pemkot Pariaman.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman berharap kedatangan rombongan ini mampu menjadi promosi bagi Kota Pariaman di tingkat negara-negara ASEAN, yakni mengembangkan destinasi liburan wisata dan pendidikan bagi pemuda ASEAN untuk berkunjung dan berwisata di Kota Tabuik ini.

Hal senada juga disampikan Ketua KNPI Sumbar Defika Yufiandra, bahwa kunjungan pemuda ASEAN ini bertujuan untuk mempromosikan Kota Pariaman sebagai kota wisata dan memperkuat kerjasama antar pemuda di negara-negara ASEAN.

Selain itu, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang digagas Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Karang Taruna Kota Pariaman dengan membuat program ASEAN Youth Tourism City yang telah ditandatangani Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dengan Presiden Majelis Belia Malaysia (MBM) Mohamed Maliki Muhamed Rapiee pada tahun 2012 lalu.

Selain rombongan pemuda ASEAN, Tim ini juga beranggotakan Presiden MBM yang baru Muaamar Qhadafi Jamal Jamaluddin beserta rombongan MBM lainnya serta para investor asing dari negara-negara ASEAN.

Rombongan para pemuda ASEAN ini juga menikmati pergelaran kesenian sanggar Darak Badarak, berkunjung ke Penangkaran Konservasi Penyu di Ampalu dan ke Pulau Angso Duo sekaligus penanaman pohon dan bersih pulau, serta mengunjungi pengrajin kerajinan sulaman dan Rajutan di Kecamatan Pariaman Utara.

Para Pemuda ASEAN ini disambut di Pendopo rumah dinas Walikota Pariaman pada Jum’at (12/2) malam, sekaligus jamuan makan malam dan penampilan tari dan seni dari Kota Pariaman.

Selanjutnya di hari kedua diadakan penanda-tanganan Prasasti Pemuda ASEAN secara simbolis oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dan Presiden MBM Muaamar Qhadafi Jamal Jamaluddin, serta perwakilan Pemuda ASEAN di Taman Anas Malik.(b9.phaik/toeb)