APBD Bone Bolango 70 Persen Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Kamis, 11 Februari 2016 | 08:43 WIB - Redaktur: Kusnadi - 608


Bone Bolango, InfoPublik – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bone Bolango tahun 2016 adalah pengadaan barang dan jasa pemerintah. Karena pengadaan barang dan jasa ini merupakan kegiatan yang sangat penting, maka tentunya membutuhkan personil pengelola pengadaan barang dan jasa yang handal dan mandiri. Artinya personil yang mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai pengelola pengadaan barang dan jasa. 

Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma pada sosialisasi pengembangan karir jabatan fungsional pengelola barang dan jasa di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Bone Bolango di ruang Huyula kantor Bupati, Selasa (9/2).

Sekda Ishak Ntoma mengatakan, meski Kabupaten Bone Bolango merupakan salah satu dari 29 daerah percontohan di Indonesia, dalam hal ini Unit Layanan Pengadaan (ULP), atau termasuk ULP Percontohan Nasional, tapi dalam hal ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkarir sebagai pengelola pengadaan barang dan jasa masih sangat terbatas.

Hal ini disebabkan oleh keterbatasan personil Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki sertifikat ahli pengadaan barang dan jasa, serta belum optimalnya sosialisasi PermenPAN-RB Nomor 77 tahun 2012 tentang jabatan fungsional pengelola pengadaan barang dan jasa.

Untuk itu, lanjut Sekda Ishak Ntoma sudah menjadi tekad pemerintah daerah untuk motivasi, mendorong, dan mengembangkan jalur karir ASN melalui jabatan fungsional pengelola pengadaan barang dan jasa.

”Diharapkan dengan banyaknya pejabat fungsional pengelola pengadaan barang dan jasa, maka pengadaan barang dan jasa di daerah ini akan dikelola oleh ASN yang lebih profesional dan mandiri, sehingga menghasilkan pejabat pengadaan barang dan jasa yang berkualitas, akuntabel, bersih dan jujur,” tandasnya.

Ia juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada LKPP RI dan MCA Indonesia yang telah memberikan perhatian kepada pemerintah Kabupaten Bone Bolango selama ini. 

Kepala Kantor ULP Bone Bolango Nirwan Utiarahman menambakan, tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi pengembangan karir pengelola pengadaan barang dan jasa itu di antaranya untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada ASN tentang jabatan fungsional pengelola pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Selain itu, memotivasi ASN untuk memilih berkarir pada jabatan fungsional pengelola barang dan jasa pemerintah di Kabupaten Bone Bolango.

Kegiatan ini diikuti 100 ASN pada SKPD di lingkungan Pemkab Bone Bolango yang merupakan pengelola pengadaan barang dan jasa, baik itu sebagi pejabat pengadaan, pejabat pembuat komitmen (PPK), maupun pejabat/panitia penerima hasil pekerjaan (PPHP).

”Pemateri dalam sosialisasi ini dari Direktorat Pengembangan Profesi LKPP RI, Ir. Hari S. Kahartan, dan Mentor dari MCA Indonesia ibu Andin Andiyasari dan ibu Lisa Madiawati,” ulasnya. (Hms/Kadir/Kus)