Pemerintah Dorong Pelaku UKM Berpromosi Online

:


Oleh Putri, Selasa, 9 Februari 2016 | 18:59 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 352


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Koperasi UKM terus mendorong berkembangnya dan meningkatkan keberadaan pelaku UKM di dalam negeri dengan mempromosikan industri kecil dan menengah menjual produk melalui online.

Deputi Produksi dan Pemasaran I Wayan Dipta mengatakan hal itu dilakukan agar para pelaku UKM tetap bisa bersaing dengan pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi guna meningkatkan akses pasar. "Saat ini, sudah lebih dari 4.000 produk pelaku UKM dijajakan melalui internet. Semakin banyak promosi yang dilakukan melalui marketplace, maka pelaku UKM akan lebih banyak memiliki pembeli yang tersebar di seluruh Indonesia," katanya, Selasa (9/2).

Lanjut I Wayan, beberapa tantangan yang dihadapi dalam hal ini adalah masih banyaknya pelaku UKM yang belum mengerti atau enggan menggunakan internet untuk mempromosikan produknya. Tantangan selanjutnya adalah infrastruktur jariangan.

Lalu, dalam penggunaan bahasa, kata I Wayan, pelaku UKM harus menguasai minimal satu bahasa. Selain itu, yang paling penting dalam promosi online adalah masalah keamanan transaksi juga membatasi ruang bagi pelaku UKM untuk berkembang.

Kemenkop UKM akan terus mendampingi pelaku UKM untuk memasarkan produknya. Hal ini bertujuan agar pelaku UKM tidak mengalami kesulitan dalam memasarkan produk mereka sendiri.

"Kami akan tetap mendampingi mereka agar mereka bisa mempromosikan produknya. Misalnya kalau ada pembeli, bagaimana transaksinya ke depan, sertifikasinya. Jangan sampai ada penolakan dari pembeli," jelasnya.