Himpunan Alumni IPB Canangkan Sawah Abadi dan Kampung IPB Seluas 1000 Hektar

:


Oleh Irvina Falah, Senin, 1 Februari 2016 | 11:55 WIB - Redaktur: Irvina Falah - 837


Bogor 1 Februari 2016: Himpunan Alumni IPB (HA IPB) pada Rakernas 2016 mencanangkan sawah abadi seluas 1.000 hektar di Kabupaten Ogan Komering Ilir-Sumatera Selatan. Program ini merupakan salah satu bakti Alumni IPB untuk mewujudkan swasembada padi yang ditetapkan oleh pemerintah. Demikian dikatakan oleh Bambang Hendroyono, Ketua Himpunan Alumni IPB pada Rakernas Himpunan Alumni IPB (31/1/2016)
 
Menurutnya, untuk sawah Abadi, saatinibaru 50 hektar yang dikerjakan dengan penanaman padi dengan sistem mekanisasi pertanian.“Secara bertahap akan di kembangkan hingga 1000 hektar” ungkapnya.
 
Alumni IPB  dapat berpatisipasi dengan memiliki kaving sawah 1 hektar dengan dana Rp.35.000.000-Rp.40.000.000 dengan sertifikat hak milik. Program sawah abadi ini bekerjasama dengan pemerintah daerah Kotawaringin dengan menyediakan hamparan sawah pasang surut disatu lokasi seluas 1000 hektar. 
 
Sementara itu Kampung IPB yang berlokasi di Pandeglang-Banten pada tahap pertama akan di buka 265 hektar. Tahap selanjutnya dapat dikembangkan seluas 1000 hektar.
 
Kampung IPB merupakan Komplek pertanian moderen yang di kelola secara terintegrasi. Di Kampung IPB akan di bangun sistem peternakan, perikanan, eko farming, perkebunan dan juga hunian khusus untuk alumni IPB. Konsep tersebut merupakan perpaduan antara idealisme Alumni IPB dan keinginan untuk membangun Model bisnis pertanian yang terintegrasi. “Konsepnya mengintegrasikan pertanian berkelanjutan dan usaha tani terpadu (Sustainable Agriculture And Intergrated Farming Practices ).”
Pada program Kampung IPB ini, Alumni IPB berpeluang menjadi pemilik bisnis, distributor, menjadi pemasok, menjadi coach, menjadi konsultan, menjadi manajemen, ataupun investor kebun.
 
Saat ini, usaha integrasi dan potensi yang telah terbuka yaitu  PT Kampung IPB Fitofarmaka, PT Kampung IPB Gaharu Sejati, PT Kampung IPB Tani Trading, PT Kampung IPB Unggas Unggul, PT Kampung IPB Holtikultura Jaya, dan PT Kampung IPB saif konsulting.


“Program-program ini di harapkan bisa menjadikan alumni IPB bersinergi dalam mewujudkan pertanian yang berkelanjutan” ungkap Bambang.
 
Sementara itu, Rektor IPB, Prof. Herry Suhardiyanto menyatakan dukungannya dengan program tersebut. Menurutnya ini adalah langkah nyata kiprah Alumni IPB di masyarakat dengan ikut terlibat bersama masyarakat untuk membangun pertanian di Indonesia. “IPB berbangga dengan Alumni yang menunjukkan baktinya pada masyarakat. Program ini harus dilakukan dengan konsisten sehingga mendatangkan kemanfaatan untuk masyarakat secara luas dan jangka panjang” ungkap Rektor.
 
Pada Rakernas Alumni IPB tahun 2016, selain dilakukan pencanangan program pertanian berkelanjutan, juga dilakukan penandatanganan kesepakatan antara Ketua HA IPB dengan Kepala Dinas Pertanian Subang, Pemerintah Ogan Komering Ilir. Rakernas juga menyatakan untuk mendukung dan menjadi bagian penyelenggaraan Festival Bunga dan Buah International 2016. Rakernas Alumni IPB tahun 2016 mengangkat tema Sinergi Alumni IPB Untuk Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan.
 
Informasi:
Andi Irman 082110301628