Potensi Besar Perikanan Aluh-Aluh Bakal Berkembang Pesat

:


Oleh MC Banjar, Senin, 1 Februari 2016 | 08:22 WIB - Redaktur: Kusnadi - 585


Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar terus mendongkrak laju pertumbuhan perekonomian rakyat. Dengan sumber daya alam yang melimpah, segala strategi dan inovasi pun diimplementasikan demi kesejahteraan masyarakat.

Guna mencapai tujuan tersebut, rombongan Pemkab Banjar dipimpin Penjabat Bupati Banjar H.Rachmadi Kurdi didampingi Sekretaris Kabupaten Banjar H.Nasrunsyah meninjau Pusat Pelelangan Ikan (PPI) di Kecamatan Aluh-Aluh, Jum'at (29/1) pekan lalu.

Tampak turut serta dalam rombongan yaitu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banjar H Ramlan, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Banjar Boyke Tristianto, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Banjar HM Hilman, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Banjar H Ahmadi, dan Direktur PD Pasar Bauntung Dwi Bagusian Wahono, serta Camat Aluh-Aluh Soeharto.

Berdasarkan pengamatan Pj. Bupati Banjar saat berkunjung ke dermaga dan pusat pelelangan ikan di Aluh-Aluh, lokasinya sangat strategis dan sangat menunjang pengembangan ekonomi Kabupaten Banjar di sektor perikanan.

Dalam hal ini H.Rachmadi Kurdi menilai, Kecamatan Aluh-Aluh memiliki potensi yang besar sebagai salah satu daerah penghasil dan penyedia ikan di Kabupaten Banjar khususnya, dan di Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya.

"Dari hasil peninjauan ini saya menilai letak Kecamatan Aluh-Aluh begitu strategis apalagi disertai dengan sumber daya air yang melimpah sehingga sangat berpotensi sebagai daerah penyedia ikan dalam jumlah besar guna pemenuhan kebutuhan masyarakat," tuturnya.

Melihat potensi dan sarana prasarana yang tersedia, Pemkab Banjar berkeinginan kuat untuk memaksimalkan laju roda pembangunan dalam rangka menggeliatkan perekonomian masyarakat di sektor perikanan. Hal ini diterangkannya saat memberikan arahan pada rapat di Aula Kantor Camat Aluh – Aluh usai melakukan peninjauan.

"Melihat sarana prasarana yang ada, saya berharap masyarakat khususnya di Kecamatan Aluh-Aluh beserta seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Banjar dan juga unsur terkait lainnya, dapat bersinergi menunjang kemajuan perekonomian sektor perikanan yang sangat potensial di sini", tandasnya.

“Mudah – mudahan di tahun 2016 ini kita tambahkan jalan disana,” ucap Pj. Bupati Banjar. Sehingga masyarakat nelayan di sini tidak perlu lagi menjual hasil tangkapan ikannya jauh – jauh ke Banjar Raya. Cukup di Aluh – Aluh saja.

“Ulun berharap kita semua bisa bekerja dengan baik dalam meningkatkan geliat ekonomi di Kecamatan Aluh – Aluh,” pungkasnya. (Reza/Tohal/Ari/Iwin/Kus)