PT. Kalbe Farma Cikarang Rekrut 65 Siswa SMAKPA Kota Padang

:


Oleh MC Kota Padang, Kamis, 28 Januari 2016 | 18:16 WIB - Redaktur: Tobari - 3K


Padang, InfoPublik – PT. Kalbe Farma Tbk, sebuah perusahaan farmasi internasional di kawasan Industri Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi,  Jawa Barat,  yang memproduksi farmasi, suplemen, nutrisi dan layanan kesehatan, mendatangi Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMAKPA), Kota Padang.

Kedatangan perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan ini, adalah untuk merekrut calon tamatan tahun 2016 sebanyak 65 orang. “Kami memilih siswa/i SMAK Padang karena telah memperoleh informasi tentang kualitas SDM-nya,” ucap Novita Septiana HRD PT. Kalbe Farma Tbk, di SMAK Padang,  Kamis ( 28/1).

Kemudian pihaknya mencoba untuk menghubungi SMK-SMAK Padang untuk melakukan kerjasama di bidang rekrutmen tenaga kerja, ternyata disetujui Kepala SMK-SMAK Padang Dra.Sih Parmawati, MM. Rupanya PT. Kalbe Farma yang pertama datang pada tahun 2016 ini..

Jadi, sebelum siswa-siswi SMAK Padang yang dipimpin Dra.Sih Parmawati, MM ini mengikuti prosesi tes, terlebih dahulu diperkenalkan sekilas PT. Kalbe Farma Tbk, Cikarang, yang memiliki luas  105.130 m2, luas bangunan sekitar 41.027 meter persegi.

Bangunan tersebut, dibagi menjadi sarana produksi, terdiri dari gedung kantor, gedung produksi dan teknik, gudang dan sarana pendukung lain. Mereka akan ditempatkan dibagian labour pengolahan obat-obatan.

Dan hingga kini  PT. Kalbe Farma tetap merupakan produsen terbesar di pasaran dalam negeri, dan produknya juga diekspor ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Srilanka, Nigeria dan  Myanmar.

Sebanyak 65 orang siswa/i SMAK Padang mengikuti prosesi tes, sesuai dengan tahapannya, pertama Psikotes, lulus lanjut untuk  Interview, lulus lagi, ikuti interview user, berhasil lagi tes kesehatan, dan semua tes ini dilakukan di Kota Padang serta semua biaya ditanggung perusahaan.

Terakhir training di perusahaan Kalbe Farma, Cikarang, biaya ditanggung masing-masing siswa. Lulus training langsung tandatangan kontrak kerja dengan pendapatan perbulan sekitar Rp3,6 juta, ditambah makan siang di kantin perusahaan, tunjangan trasportasi, dan kesehatan yang juga diterima setiap bulan pula. Dan peluang berkarir terbuka hingga ke luar negeri seperti ke Nigeria.

 Menyadari bahwa keunggulan kompetitif salah satunya ditentukan oleh kualitas SDM, Kalbe memiliki komitmen untuk melakukan pengelolaan SDM dan berfokus pada peningkatan kualitas SDM.

Kalbe memiliki komitmen pada praktik ketenagakerjaan yang bertanggung jawab, dan pada pengembangan serta  kesejahteraan karyawan. Setiap karyawan memiliki kesempatan yang sama dan setara untuk mengembangkan karirnya. Perusahaan tidak pernah menempatkan latar belakang suku, agama, ras, gender maupun hal lain yang bersifat diskriminatif.

Sedangkan  Kepala SMK-SMAK Padang   Dra. Sih Parmawati, MM menegaskan, agar para siswa menunjukkan sikap yang baik,  pengetahuan, kemampuan, dan kreativitas pada proses tes perusahaan Kalbe Parma itu.

Kepada para siswa, pada saat ini mencari pekerjaan masih sulit, tapi khusus untuk tamatan SMK-SMAK Padang kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan datang dengan baik. Ini perlu disyukuri para siswa, orang tua dan semua kita. Maka dari itu, jangan sia-sikan peluang”brillian” ini.

Dan yang penting semua tamatan kerja, kerja dan kerja dulu. Tunaikan pekerjaan dengan baik, raih pula prestasi ditempat pekerjaan,  setelah itu baru memikirkan untuk melanjutkan pengembangan  ilmu pengetahuan atau masuk kuliah lagi.

Terakhir, semua tamatan yang telah bekerja diberbagai perusahaan berskala nasional maupun international harus menjaga nama baik sekolah. Sebab keberadan SMK-SMAK Padang dan kualitas SDM siswa-siswi  telah dikenal di dunia nasional mapun international sebagai penyedia tenaga kerja handal di dunia indutri. (mcpadang/Irwandi  Rais/  toeb)