Bupati Aceh Besar Resmikan Tiga Pos Damkar

:


Oleh MC Kabupaten Aceh Besar, Selasa, 26 Januari 2016 | 12:33 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 640


Aceh Besar, InfoPublik – Bupati Aceh Besar meresmikan tiga Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kompleks Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar di Kota Jantho, Senin (25/1).

Kepala BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil menyebutkan, tiga Pos Damkar yang diresmikan oleh Bupati Aceh Besar itu masing-masing untuk Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) 03 di Kecamatan Peukan Bada, WMK 04 di Kecamatan Baitussalam, dan Pos Damkar WMK 05 Seulimum yang dibangun menggunakan dana PIK dan OTSUS.

"Insya Allah dengan dana DAK tahun ini bisa kembali membangun tiga Pos Damkar untuk WMK 06 Saree, WMK 07 Krueng Raya dan WMK 08 di Kecamatan Lhoong, serta diupayakan ada penambahan untu Pos Damkar di Lambaro Kecamatan Ingin Jaya,"tutur Ridwan Jamil.

Sementara Bupati Mukhlis Basyah menyatakan, pembangunan tiga Pos Damkar tersebut belum maksimal. Hal itu mengingat wilayah Kabupaten Aceh Besar yang cukup luas. Untuk itu, katanya, perlu partisipasi secara terus menerus dari semua pihak untuk mendukung peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana kebakaran,  sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 69 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Minimal bidang Pemerintahan dalam Negeri di Kabupaten/Kota, khususnya Pelayanan Penanggulangan Bencana Kebakaran, Pemerintah Daerah diminta untuk mengupayakan terwujudnya standar pelayanan minimal bidang pemadam kebakaran.

Selama ini, tugas aparatur BPBD Aceh Besar sangat berat dalam hal melayani berbagai kebutuhan masyarakat, seperti musibah kebakaran, angin puting beliung, banjir, dan longsor. “Saya memberikan apresiasi atas kerja keras dan keuletan jajaran BPBD Aceh Besar dalam membantu kebutuhan masyarakat. Begitu pun, dengan bertambahnya tiga WMK ini diharapkan semangat kerja dan kesungguhan personil BPBD Aceh Besar akan lebih meningkat lagi untuk mendukung pembangunan di Aceh Besar,” harapnya.

Untuk mendukung kerja BPBD Aceh Besar, Bupati selalu mengharapkan dukungan positif dari berbagai pihak terkait, termasuk legislatif dan masyarakat dari seluruh kecamatan. "Dengan adanya dukungan baik tersebut, akan lebih memudahkan dan memotivasi personil BPBD untuk melayani kebutuhan masyarakatn," ujarnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Wabup Aceh Besar, Kapolres AKBP Heru Novianto SIK, unsur Forkompimda, Wakil Ketua DPRK Ansari Muhammad, para staf ahli Bupati, Asisten Setdakab, sejumlah anggota DPRK Aceh Besar, Kepala SAR Banda Aceh Suyatno, Kepala BPBD Kota Banda Aceh, Kepala SKPK, Muspika Peukan Bada, Baitussalam dan Seulimuem, serta pengurus RAPI dan para relawan.(MC.Aceh Besar/Eyv)