RAT Lembaga Simpan Pinjam Berbasis Masyarakat Padang Makmur

:


Oleh MC Banjar, Senin, 25 Januari 2016 | 18:27 WIB - Redaktur: Tobari - 626


Martapura, InfoPublik – Sebagai wujud pertanggungjawaban dalam mengemban tugas pengelolaan, Lembaga Simpan Pinjam Berbasis Masyrakat (LSP-BM) Padang Makmur, Desa Padang Panjang, Karang Intan, pengurus melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2015, di Desa Padang Panjang, Minggu (24/1) .

Dengan agenda utama pelaksanaan, yaitu Pertanggungjawaban Keuangan Tahun 2015 dan pemilihan bentuk Badan Hukum yang sesuai dengan LSP-BM Padang Makmur.

LSP-BM Padang Makmur Desa Padang Panjang ini didirikan pada tanggal 23 Desember 2005. Pendirian lembaga ini atas prakarsa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) melalui kegiatan Community Empowerment for Rural Development Project (Project CERD).

Pada awal pembentukan lembaga simpan pinjam ini, jumlah anggotanya hanya 33 orang dengan modal awal sebesar Rp2.500.000, beserta bantuan pembangunan Kantor LSP-BM Padang Makmur.

Pada tahun 2006 LSP-BM Padang Makmur mendapat suntikan dana hibah dari kegiatan CERD Banjar sebesar Rp23.856.000. Seiring berjalannya waktu, lembaga simpan pinjam yang memiliki motto “Maju Dengan Dukungan Masyarakat” ini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Tahun 2015, terhitung jumlah anggotanya sebanyak 1.074 orang dengan jumlah kekayaan sebesar Rp 1.941.528.000.

BPMPD Banjar melalui Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Noon Zairina Warsita mengatakan,LSP-BM Padang Makmur, tumbuh dan berkembang berkat adanya kesadaran dan partisipasi dari seluruh komponen, yang peduli terhadap pentingnya peranan lembaga simpan pinjam di tengah masyarakat.

“LSP-BM Padang makmur telah mampu menjadi lembaga keuangan yang terpercaya dan mandiri, sesuai dengan misi yang diusung LSP-BM Padang Makmur. Selain menjadi lembaga keuangan yang terpercaya, LSP-BM Padang Makmur berhasil meraih Juara II lomba LSP-BM Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2012,” puji Noon penuh bangga.

“Mudah-mudahan LSP-BM ini benar-benar dapat membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa,” harap perempuan yang biasa dipanggil Nooni ini.

Sementara itu, Ketua LSP-BM Padang Makmur Junaidi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang bergabung dengan LSP-BM Padang Makmur. Junaidi menjelaskan, Rapat Anggota Tahunan (RAT) adalah hal yang mutlak dan harus dilaksanakan, karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan LSP-BM.

“Dalam satu dekade ini LSP-BM Padang Makmur telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan peningkatan pendapatan hampir 780% dari modal awal. Kami para pengurus LSP-BM Padang Makmur melalui RAT tahun ini akan lebih berusaha memaksimalkan pelayanan keuangan kepada masyarakat, dengan harapan meningkatnya kesejahteraan masyarakat umumnya dan kesejahteraan para anggota khususnya,” tutur Junaidi. (Fii/toeb)