Pencari Pekerjaan Harus Punya Keahlian

:


Oleh MC Kab Tanah Datar, Senin, 25 Januari 2016 | 09:46 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 384


Tanah Datar, InfoPublik - Para pencari pekerjaan terutama yang baru tamat SLTA atau perguruan tinggi harus memiliki keterampilan dan keahlian untuk dapat bersaing di era globalisasi ini, kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar, Sri Lestari Adriyanti. 

"Saat ini sangat dibutuhkan tenaga terampil untuk mengisi lowongan kerja, tanpa itu kecil kemungkinan mampu bersaing meraih pekerjaan," kata Sri Lestari didampingi Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja, Khairul di Batusangkar, Jumat,  (22/01).

Sri menyebut pihaknya terus melakukan pendidikan dan pelatihan bagi generasi muda seperti menjahit dan montir sepeda motor."Pendidikan dan pelatihan keterampilan tersebut bekerjasama dengan BAZ Kabupaten Tanah Datar, sedangkan peralatan montir dan mesin jahit akan dibantu dengan syarat penerima adalah mustahiq," katanya.

Ia mengatakan, daerah Tanah Datar cukup terbatas sumberdaya alamnya, namun pihaknya akan selalu berupaya mengurangi angka pengangguran dengan menyelenggarakan berbagai penyuluhan dan bimbingan keterampilan.

"Selain itu, kami juga sering menggelar bursa kerja untuk memudahkan pencari kerja menemukan pekerjaan sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimiliki," tuturnya. Ia mengatakan, Pemkab Tanah Datar sudah menyalurkan sebanyak 200 pencari kerja ke Malaysia melalui PJTKI dan ke Batam serta pelatihan perhotelan di Negeri Seremban, Malaysia.

"Kami tetap melakukan kerja sama dengan instansi dan perusahaan yang mencari tenaga kerja serta berupaya membuat program pelatihan keterampilan agar jumlah pencaker di Kabupaten Tanah Datar dapat berkurang," katanya. (MC.TanahDatar2016/Eyv)