Gubernur Sumsel Apresiasi Bupati Muba Kendalikan Kebakaran Hutan

:


Oleh MC Kab Musi Banyuasin, Senin, 25 Januari 2016 | 09:34 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 443


Palembang, InfoPublik  - Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noerdin mengapresiasi  langkah yang diambil Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Musi Banyuasin (Muba) dalam mengendalikan kebakaran hutan dan lahan.

Hal ini disampaikan pada Rapat Koordinasi Pencegahan kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2016, Jumat Sore, (22/1) di Griya Agung Palembang Muba pada tahun 2015.

"Saya apresiasi Wakil Bupati Muba (sekarang Plt Bupati Muba-red) yang turun langsung untuk kendalikan kebakaran hutan dan lahan di Muba. Sampai menginap di desa dan tidak pulang sebelum api padam. Ini patut dicontoh Bupati/Walikota lainnya", ujar orang nomor satu di Sumsel ini.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumsel menjelasakan pula kebakaran hutan dan lahan telah mengakibatkan bencana kabut asap sehingga berdampak pada seluruh aspek kehidupan mulai dari ekonomi, lingkungan, kesehatan dan sosial.

"Saya minta kepada seluruh Kepala Daerah untuk mencegah terjadinya kembali kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing. Di tahun 2016 harus zero burning di Sumsel", tegas Alex Noerdin.

Sementara itu, Plt Bupati Muba mengatakan penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Muba hampir semuanya di sebabkan oleh perilaku manusia bukan faktor alam. Beni menjelaskan bulan juli sampai dengan oktober merupakan waktu yang dianggap rawan karena di bulan tersebut biasanya masyarakat memulai membuka lahan.

Pada forum tersebut, Plt Bupati Muba mengusulkan kedepan harus ada insentif kepada masyarakat yang akan membuka lahan. "Untuk pencegahan kebakaran lahan di tahun 2016, tidak hanya sosialisasi larangan dan sanksi saja yang disampaikan kepada masyarakat. Saya usulkan adanya insentif berupa peminjaman alat berat dari perusahaan setempat untuk membuka lahan, dan memberikan penghargaan bagi desa yang berhasil melakukan pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan hutan di wilayahnya,"ujarnya.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut Kapolda Sumsel  Irjen Djoko Prastowo, Kasdam II Sriwijaya Brigadir Jendral TNI Komarudin Simanjuntak,S.I.P, bupati serta jajaran kapolres dan Dandim yang ada di Sumsel.(MC.Muba / Angga/Eyv)