Pemkot Pematangsiantar Gelar Rapat Persiapan Adipura

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar(Bambang Harianto), Senin, 25 Januari 2016 | 08:56 WIB - Redaktur: Tobari - 292


Pematangsiantar, InfoPublik- Penjabat Walikota Pematangsiantar Drs.Jumsadi Damanik,SH,M.Hum merespon positif komitmen Pemkot Pematangsiantar untuk meraih kembali Piala Anugerah Adipura.

Apalagi pada tahun-tahun sebelumnya, kota Pematangsiantar telah banyak mendapatkan penghargaan, baik ditingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Sebagai wujud apresianya, Pj Walikota berharap kepada segenap masyarakat melalui Camat dan Lurah, kepala-kepala sekolah serta lembaga-lembaga lainnya untuk lebih semangat dan komit  agar mendapatkan Piala Anugrah Adipura untuk tahun ini.

Guna meraih impian tersebut, Pj Walikota mengajak semua kalangan memiliki kepedulian serta kesadaran akan pentingnya kebersihan, penataan serta pelestarian lingkungan.  

Harapan tersebut disampaikan Pj Walikota saat memimpin Rapat Persiapan Pemantauan Pertama Program Adipura, di Rumah Dinas Walikota, Kamis (21/1), didampingi  Sekda Drs. Donver Panggabean,M.Si.

Tampak hadir segenap Staf Ahli Walikota, para Asisten Sekda pimpinan SKPD, para Camat serta perwakilan Kepala SD, SMP dan SMA/SMK Se Kota Pematangsiantar.

Dalam laporannya, Kepala Badan Lingkungan Hidup Jekson Hasan Gultom,SPd menyatakan bahwa Kota Pematangsiantar pada tahun 2013 telah mendapatkan Piala Adipura dan pada tahun 2015 mendapatkan Sertifikat Adipura. Namun Pematangsiantar pernah mendapat Penghargaan Adiwiyata Nasional pada tahun 2013,2014 dan 2015 di untuk tingkat sekolah.  

Bahkan pada tahun 2015, SMP Negeri 10 berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri yang penyerahan penghargaannya disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Bogor tahun 2015 lalu. 

Dalam rapat tersebut, dibahas sejumlah kriteria, skala nilai dan indikator bobot penilaian sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adipura.

Dalam lampiran Permen tersebut, terdapat banyak sekali item-item yang harus dipersiapkan dengan bobot-bobot penilaian yang telah digariskan untuk diikuti. (Jalatua Hasugian/Humas Pemko Pematangsiantar/toeb)