Lima Kelurahan Susul Pamusian Terapkan Sampah Semesta

:


Oleh MC Kota Tarakan, Jumat, 22 Januari 2016 | 15:51 WIB - Redaktur: Tobari - 180


Tarakan, InfoPublik – Pemerintah kota (Pemkot) Tarakan saat ini sedang melakukan penanganan program Sampah Semesta, seperti yang sudah dilaksanakan dan diterapkan di Kelurahan Pamusian, sebagai proyek percontohan, dan sekarang 5 kelurahan menyusul menerapkan program yang sama. 

“Kegiatan sampah semesta ini sudah berjalan, dan saat ini sudah menyusul lima Kelurahan dalam melaksanakan program ini,” kata Walikota Tarakan Sofian Raga, saat silaturahmi dengan para pekerja kebersihan di halaman kantor DKPP Tarakan, Kamis pekan lalu, bersama para Lurah dan Camat se-Kota Tarakan.

Disebutnya bahwa Kelurahan Selumit, Selumit Pantai, Sebengkok, Karang Harapan, Kampung Empat, dan kelurahan-kelurahan lainnya, segera menyusul melaksanakan program ini.

Sampah Semesta ini merupakan sebuah program, dimana semua warga masyarakat ikut terlibat dan berpartisipasi.

Karena tidak ada lagi yang namanya bak sampah di pingir jalan, artinya sampah akan diambil oleh petugas kebersihan sampah dari rumah ke rumah, kemudian dibawa ke Transfer Depo yang kemudian dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Untuk para petugas kebersihan sampah yang melakukan pengambilan sampah ke setiap rumah, akan diberikan upah berdasarkan iuran warga yang disesuaikan dengan keikhlasan dari warga untuk memberikannya.

“Bukan untuk siapa-siapa, tapi untuk bapak petugas gerobak sampah yang akan mengambil sampah di tiap-tiap rumah bapak-ibu semua,” imbuhnya. 

“Jadi tidak usah keluar rumah lagi mencari-cari bak sampah. Saya akan bongkar semua bak sampah di Tarakan. Ini merupakan komitmen bersama, jika mau bikin bak sampah lagi berarti dia mau kasih lihat sampah lagi ke masyarakat, mau kasih cium sampah lagi kepada masyarakat, karena bak sampah itu sampah,” tegasnya.

Walikota Sofian Raga sangat mengapresiasi kepada seluruh petugas kebersihan Kota Tarakan yang telah turut membantu berpartisipasi dalam mewujudkan Tarakan menjadi kota yang Bersih, Indah, Hijau.

“Saya berharap sebelum akhir tahun 2017 seluruh wilayah kota ini tidak ada lagi bak sampah dan program sampah semesta sudah berjalan di 20 kelurahan yang ada di Tarakan ini,” tegas Sofian Raga. (OZ – ADT, Diskominfo Tarakan/ toeb)