Jadwal UNAS di Dumai Tetap Digelar April 2016

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 22 Januari 2016 | 15:27 WIB - Redaktur: Kusnadi - 311


Pekanbaru, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kota Dumai menyatakan bahwa jadwal pelaksanaan ujian nasional (Unas) tidak terganggu libur pelajar dampak kabut asap beberapa waktu lalu dan tetap digelar pada April 2016 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Dumai Syaari menyebutkan, karena ada libur akibat asap, para guru diminta untuk mengoptimalkan jam pelajaran dan mengejar ketertinggalan anak didik di sekolah agar jadwal Unas tidak terganggu.

"Guru di sekolah bekerja keras memaksimalkan pelajaran anak didik untuk mengejar yang tertinggal dan semua tuntas, sehingga jadwal Unas tetap digelar April nanti," kata Syaari kepada wartawan, Jumat.

Dijelaskan, menghadapi Unas ini, Disdik dan sekolah terus melakukan berbagai kesiapan dengan mengadakan terobosan, belajar tambahan, mengulang pelajaran, bimbingan dan bedah soal.

Pelaksanaan Unas di Dumai, lanjut dia, tetap akan digelar sesuai petunjuk pemerintah pusat, yaitu berbasis komputer dan kertas, baik untuk sekolah tingkat menengah pertama maupun atas.

Ujian nasional berbasis komputer pada 2016 ini hanya diterapkan perdana di dua SMP dan empat SMA sederajat, dan sejauh ini kelengkapan serta kebutuhan yang diperlukan sudah diupayakan agar tidak menimbulkan kendala.

"Hanya enam sekolah yanga melaksanakan ujian nasional dengan berbasis komputer, sedangkan sekolah lain menggunakan sistem berbasis kertas," ungkapnya.

Kadis Pendidikan Dumai berharap persiapan yang telah dilakukan sejak awal dapat memantangkan persiapan pelaksanaan ujian dan anak didik bisa mengikuti dengan menoreh prestasi nilai memuaskan.

Dia juga berharap kerjasama dan dukungan para orangtua agar lebih serius mengawasi anak untuk belajar di rumah dan membatasi keluyuran bermain di lingkungan agar waktu yang singkat ini dapat dimanfaatkan dengan baik. (MC Riau/ar/Kus)