GIC Ramaikan Gebyar Budaya Hari Jadi Garut Ke-203

:


Oleh MC Kab Garut, Jumat, 22 Januari 2016 | 14:39 WIB - Redaktur: Kusnadi - 416


Garut, InfoPublik –  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut kembali menggelar Garut Intan Carnival (GIC). Kegiatan ini untuk menyemarakkan rangkaian Gebyar Budaya Hari Jadi Garut (HJG) ke-203.

GIC diproyeksikan sebagai ajang adu kreatif para perancang busana dan model. Sekaligus merangsang ide-ide inovatif para kawula muda dalam memanfaatkan limbah beragam produk unggulan daerah menjadi produk bernilai seni, bermanfaat, bernilai ekonomi, dan dapat dinikmati masyarakat luas.

Mengusung tema “Wonderfull Garut Gurilap”, GIC yang akan dilaksanakan pada 27 Februari 2016 itu diharapkan menjadi helaran wisata unik. Sehingga parade busana berbahan dasar limbah produk unggulan daerah tersebut menjadi event wisata yang dapat mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Garut.

“Jadi busana yang dipakai peserta mesti menggunakan bahan dasar limbah produk unggulan Garut, seperti limbah kain batik garutan, kain sutra alam, kulit, bulu domba, bulu ayam, akar wangi, dan sebagainya. Tapi bagi peserta dari luar Garut, dipersilakan menggunakan bahan dasar dari limbah produk unggulan masing-masing daerahnya,” kata Kepala Bidang Promosi Wisata Disbudpar Kabupaten Garut, Makmun, Rabu (20/1).

Selain itu, kata Makmun, desain busana pada GIC juga diharuskan mewakili gambaran panorama alam Kabupaten Garut. Seperti tentang gunung, sungai, hutan, danau, dan laut.  

Menurut Makmun, GIC hanyalah batu loncatan dari upaya mempromosikan potensi wisata Garut dan beragam produk unggulannya. Ajang kreativitas membuat busana berbahan dasar limbah produk tersebut diproyeksikan berkelanjutan. Ini diharapkan akan menjadi daya tarik wisata, terutama pada saat liburan.

“Pengunjung nantinya bisa berfoto selfie bersama model yang busananya unik. Ini juga sekaligus sebagai apresiasi terhadap model, dan designer,” ujarnya.

Makmun menyebutkan, GIC dapat diikuti peserta dari Garut maupun luar Garut. Pendaftaran peserta dibuka mulai 20 Januari hingga 10 Februari 2016. C

alon peserta bisa mendaftar ke Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut Jalan Ciledug 120 Garut Kota, dengan nomor telepon 0262-23359.

“Kita targetkan minimal ada 203 peserta. Tapi kita upayakan lebih banyak lagi. Kalau bisa, sampai seribu peserta,” ujarnya. (Mc Kab. Garut/Kus)