Agam Masuk Nominasi Penilaian Population Award 2015 Tingkat Sumbar

:


Oleh MC Kab Agam, Kamis, 21 Januari 2016 | 10:26 WIB - Redaktur: Tobari - 269


Agam, InfoPublik - Tim Penilaian Population Award Provinsi Sumatera Barat menetapkan Kabupaten Agam masuk dalam Nominasi enam besar penilaian Population Award tahun 2015 dari 6 kota/kabupaten. Penilaian ini dilakukan di Aula Utama Kantor Bupati, Rabu (20/1).

Tim yang terdiri dari DR.Mahdi Sekretaris Koalisi Kependudukan Sumbar selaku ketua tim bersama Dra.Kalida dan Yusnida, disambut langsung Plh Bupati Agam Syafirman, SH beserta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Agam. 

Penilaian awal dari data yang dikirim kota dan kabupaten se-Sumbar sudah dilakukan, lalu melalui penilaian itu ditetapkanlah enam nominasi tiga kota dan tiga kabupaten. 

Keuntungan dalam  penilaian ini akan berdampak terjadi peningkatan di Kabupaten dalam segala bidang, seperti yang telah diterapkan Agam Menyemai, dalam lima tahun belakangan berbagai prestasi telah diraih dan itu semua bukan sekedar seremonial belaka tapi menunjukkan program tersebut berhasil dirasakan menyentuh ke masyarakat secara terukur yang jelas. 

Hal itu terlihat jelas dalam hasil sensus penduduk dari 2010 jumlah penduduk Kabupaten Agam 460.700 jiwa meningkat pada tahun 2015 menjadi 498.474 jiwa karena karakteristik struktur penduduk Agam termasuk tipe ekspansive, dimana sebagian besar berumur muda dengan ratio ketergantungan penduduk yang masih cukup tinggi. 

Penilaian Population Award ini merupakan ajang penghargaan bagi kepala daerah Bupati/Walikota se-Sumbar yang mempunyai komitmen dan kepedulian yang tinggi dalam mengatasi masalah kependudukan baik dari aspek pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk maupun penguatan kelembagaan  kependudukan. 

Sejak 2014 Pemeritah Kabupaten Agam sudah meluncurkan program tujuh inovasi cerdas yang manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat baik bersifat ekonomi maupun sosial. 

Plh Bupati Agam Syafirman mengaku optimis akan mampu meraih juara terbaik se-Sumbar. Sebab, kepala daerah amat serius menyikapi kependudukan dan KB, bahkan  tidak segan melakukan pendataan perkembangan penduduk dan pengguna akseptor KB hingga ke pelosok nagari. 

Ia berharap kerjasama semua pihak terutama tim penilai sehingga nantinya Kabupaten Agam akan tampil menjadi yang terbaik dalam penilaian Population Award 2015 sehingga kedepan bisa meloncat lebih tinggi lagi untuk kesejahteraan kehidupan para penduduk di Kabupaten Agam.(mc agam/toeb)