Balige, InfoPublik - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba Samosir  (Tobasa) melalui Ketua Rinto  Hutapea menetapkan pasangan Ir. Darwin Siagian dan Ir. Hulman Sitorus MM  sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih pada penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan wakil bupati Toba Samosir Serentak 9 Desember 2015 lalu.

Penetapan tersebut dilaksanakan melalui rapat pleno terbuka untuk menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih periode 2016-2021 bertempat di Hotel Marsaringar Balige, Rabu (20/1).

Dalam rapat pleno tersebut, data yang dipergunakan dalam penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Tobasa adalah berita acara rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara (Model DB-KWK), yang disahkan oleh KPU Tobasa dan sertifikat rekapitulasi hasil dan rincian perhitungan perolehan suara dari setiap kecamatan di tingkat kabupaten (Model-DB1-KWK) yang disahkan KPU Tobasa serta keputusan KPU Tobasa Nomor: 80/Kpts/002.434801/2015 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati Toba Samosir Tahun 2015 dengan perolehan suara sebanyak 39.990 suara.

Dalam penetapan pasangan bupati terpilih ini dihadiri oleh pasangan calon terpilih didampingi partai pengusung   PDI-P, Hanura, Nasdem, Camat se-Kabupaten Tobasa, Kapolres Tobasa Jidin Siagian, Kejari Balige Jeffry P Maukar, SH MH, Danramil Balige M. Simanjuntak, Komisioner Panwaslih Tobasa Janpiter Pakpahan, Guntur Hutajulu, Ketua DPRD Ir. Boike Pasaribu dan wakil Ketua DPRD Toni Simanjuntak.

Dalam sambutannya Ir. Darwin Siagian dan Hulman Sitorus berterima kasih kepada masyarakat Tobasa atas terselenggaranya pilkada yang aman dan tertib.

Beliau mengapresiasi Kapolres Tobasa dalam memberantas money politik dan menjaga keamanan dan ketertiban dalam pilkada tahun lalu.

“Mari kita bergandeng tangan dalam membangun Tobasa ke depan dan kami juga Ir. Darwin Siagian dan Hulman Sitorus mengucapkan terima kasih kepada calon pasangan bupati nomor urut 2 dan 3 yang sama-sama ikut berpartisipasi dalam pilkada yang lalu, paparnya.

Dan mari kita bersama-sama kedepan bergandeng tangan dalam menwujudkan Tobasa Hebat 2021. Mengejar ketertinggalan dari kabupaten lain dan membuat Tobasa semakin baik, tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Tobasa AKBP Jidin Siagian mengatakan, selama pelaksanaan pilkada tidak terjadi keributan, semua pihak mendukung penyelengaraan pilkada aman. Untuk itu, Kapolres mengharapakan kepada Bupati dan Wakil Bupati  terpilih dalam melaksanakan tugas bisa bekerja sesuai dengan amanah yang diterima.

"Kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada bapak Darwin dan Hulman memimpin Tobasa merupakan anugrah dari yang Kuasa, jadi kita harapkan kepercayaan itu jangan dinodai," kata Jidin Siagian.

Di samping itu, Kapolres juga berpesan dalam penyusunan pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Toba Samosir, diharapkan tidak mementingkan keluarga atau kelompok.  "Untuk mengisi pejabat di lingkungan Pemkab Tobasa, agar memilih orang yang pintar, tapi bukan memilih orang yang pintar korupsi," harap Kapolres.

Sebelumnya, Ketua Panwaslih Kabupaten Tobasa, Janpiter Pakpahan mengatakan Rapat Pleno terbuka kali ini merupakan puncak dari pelaksanaan penyelenggaraan pilkada di Toba Samosir, untuk itu diharapkan kepada Bupati terpilih dapat mewujudkan visi dan misinya.

"Bupati terpilih dapat membangun dan memperbaiki kekurangan di Tobasa,  karena sekitar 200 ribu orang menggantungkan harapan kepada bapak," pinta Ketua Panwaslu mengakhiri sambutannya. (mctobasa/sesmontb/pintor/Kus)