Gubernur Bali Puji Capaian Pembangunan Gianyar

:


Oleh MC Kabupaten Gianyar, Rabu, 20 Januari 2016 | 10:24 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 717


Gianyar, InfoPublik - Gubernur Bali, Made Mangku Pastika memuji kemajuan yang dicapai Kabupaten Gianyar. Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Gianyar, Selasa, (19/11),

Mangku Pastika menyatakan, Gianyar sebagai kabupaten termaju di Bali dalam bidang pariwisata dan peningkatan kebersihan lingkungan. Gianyar juga dipuji sebagai kabupaten yang memiliki kemampuan menurunkan jumlah penduduk miskin di wilayahnya.

Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata saat menerima kunjungan kerja Gubernur Bali tersebut menyampaikan, selama periode 2009-2013, penurunan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Gianyar mencapai 20.800 jiwa.

Laju pertumbuhan ekonomi Gianyar masih stabil di kisaran 6-7 persen, dengan kondisi pengangguran tahun 2014 sebesar 1,43 persen dan tingkat kemiskinan 4,27 persen. Pelbagai capaian positif itu tak terlepas dari selarasnya kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Bali dalam menopang program Gianyar bersih, alami, giat, berbudaya, sejahtera (BAGUS).

Bupati Agung Bharata mengatakan, upaya menurunkan penduduk miskin dilakukan melalui pelbagai kegiatan, diantaranya bedah rumah, bea siswa miskin, pendampingan BOS, KUBE masyarakat miskin, jambanisasi, padat karya produktif, usaha ekonomi desa, PIK, dan lainnya.”Hasilnya sangat nyata, dan berdampak positif terhadap tumbuhnya perekonomian di Kabupaten Gianyar,”ucapnya.

Pemkab Gianyar, lanjut Agung Bharata, berharap program Bali Mandara yang telah dirasakan oleh seluruh masyarakat, seperti Gerbangsadu, JKBM, Bea Siswa Miskin, Simantri, Bali Clean and Green, dan Pemberdayaan Masyarakat dapat terus dilanjutkan.

Bharata menerangkan, sinergi program Bali Mandara, telah didukung penuh oleh program unggulan Kabupaten Gianyar tahun 2016, yakni Siaga Desa Swatantra, Kabupaten Gianyar menuju KLA, Gianyar Kota Pusaka, pembangunan taman posyandu, pengembangan RSUD Sanjiwani, penerapan PATEN, serta semangat revolusi mental lewat keunggulan seni dan budaya di Kabupaten Gianyar.

Bupati menyampaikan harapan terhadap Pemprov Bali terkait pagu dana desa dari provinsi bisa ditetapkan lebih awal. Dia juga meminta dukungan Pemprov Bali dalam bidang infrastuktur jalan, sarana Porprov 2017, konferensi kota pusaka 2017, dan bedah rumah sebanyak 2.000 unit.”Kami berharap dapat diupayakan ke depannya,”ujar Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Bali menyampaikan komitmen untuk terus bersinergi membangun Gianyar dan Bali melalui gerakan revolusi mental. Dalam kesempatan itu, Pastika juga mengajak seluruh elemen Pemkab Gianyar untuk merevolusi mental dalam memberi pelayanan publik kepada masyarakat. Tiga penekanan yang menjadi perhatian utama dalam konsep revolusi mental, yaitu integritas, etos kerja, dan gotong royong. ”Ketiga pokok itu jika disatukan akan menghasilkan pencapaian kerja yang luar biasa,” kata Pastika.

Kegiatan yang dihelat di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar tersebut, dihadiri Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta, Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta, Forkompinda Gianyar,  jajaran pejabat Pemprov Bali dan Pemkab Gianyar, para camat, lurah dan kepala desa se-Gianyar. MC Gianyar/Humas