Tahun 2016 Setiap Desa di Toba Samosir Dapat Rp900 Juta

:


Oleh Sesmon TB. Butarbutar, Rabu, 20 Januari 2016 | 08:56 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Balige, InfoPublik - Di tahun 2016 ini, setiap desa di wilayah Kabupaten Toba Samosir mendapat kuncuran dana rata-rata Rp900 juta. Dana tersebut berasal dari Dana Desa yang sumbernya dari APBN  dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD Tobasa TA 2016. Ditargetkan, akan terealisasi antara bulan Maret atau April tahun ini.

“Tahun ini, kita dari Tobasa akan menerima Dana Desa sekitar Rp136 Miliar. Kemudian ditambah ADD sebesar Rp57 Miliar. Aggaran tersebut disalurkan ke sebanyak 231 desa yang tersebar di Tobasa dengan jumlah berfariasi. Ditaksir, setiap desa akan menerima alokasi dana sekitar Rp900 juta. Anggaran itu nantinya langsung masuk ke kas desa,” tutur Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tobasa Wasir Simanjuntak, Selasa (19/1).

Diterangkan, saat ini pihaknya sedang merancang Peraturan Bupati tentang besaran dana yang akan diterima setiap desa dengan berpedoman pada ketentuan Kementerian Keuangan.

“Jadi, ada petunjuk atau indikator yang menjadi pertimbangan dalam menentukan besaran anggaran untuk setiap desa,” paparnya.

Sementara itu, aparat desa juga telah diinstruksikan untuk menyusun APBDES masing-masing dengan difasilitasi tenaga pendamping desa dan tenaga pendamping Kabupaten.

Diharapkan, dalam pelaksanaannya nanti benar-benar dilaksanakan sesuai peruntukannya, sehingga tidak ada aparat desa yang sampai tersangkut masalah hukum. (mctobasa/sesmontb/ft/Kus)