Bupati Sorong Minta SKPD Tindaklanjuti Temuan BPK RI

:


Oleh MC Kabupaten Sorong, Senin, 18 Januari 2016 | 16:26 WIB - Redaktur: Tobari - 408


Sorong, InfoPublik – Bupati Sorong, melalui Wakil Bupati Sorong Suka Hardjono, meminta kepada jajaran SKPD (satuan kerja perangkat daerah) agar segera menindaklanjuti apa yang menjadi temuan BPK RI untuk segera dilakukan.

Permintaan Wabup Sorong tersebut, disampaikan ketika memimpin rapat evaluasi terkait dengan kesiapan dari seluruh SKPD, yang diikuti oleh para bendahara dan PPK, yang berlangsung di Aimas, Senin (18/1).

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan berbagai koreksi terkait dengan kesiapan Pemkab Sorong dalam menerapkan manajemen berbasis akrual. Ada 10 sample yang diperiksa termasuk kesiapan ketika terhadap perangkat keras maupun lunak (softwarde dan hardwarde) terhadap berbagai kelengkapan dalam pengelolaan keuangan kita di Pemkab Sorong.

Jadi, dari berbagai peralatan yang ada harus dikeseimbangkan. Artinya, ia merasa perlu kira-kira hal apa saja yang dibahas dalam kegiatan evaluasi ini dimana dari SKPD mana yang belum selesaikan LKPJ-nya atau yang sudah tuntas dalam sistem pelaporannya.

“Karena bagaimanapun, ia meminta kepada seluruh pimpinan SKPD untuk seriusi semua permasalahan LKPJ yang ada.  Bahkan sesuai dengan kinerja Inspektorat daerah ini, bahwa daerah kita memperoleh apresiasi yang baik dimana tindaklanjutnya cepat dan tepat di wilayah Papua Barat,” kata Wabup Sorong.

Terkait dengan predikat terbaik itu tentu membutuhkan respon baik dari semua jajaran SKPD yang ada. Proaktif dari semua pihak itu yang sangat kita harapkan.

Para bendahara diharapkan bisa merubah mindset (pola pikirnya) terutama terkait dengan kinerjanya, dan jangan melakukan hal-hal yang di luar dari mekanisme prodedural kerja, tapi harus mengikuti aturan yang benar dalam bidang tugasnya. (MC.Sorong/ rim/toeb)