Pemkab Karangasem Raih Penghargaan LAKIP 2015

:


Oleh MC Karangasem, Senin, 18 Januari 2016 | 11:54 WIB - Redaktur: Tobari - 313


Karangasem, InfoPublik – Kabupaten Karangasem kembali meraih penghargaan Tingkat Nasional atas prestasinya dalam bidang Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) 2015 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB).

Penghargaan untuk Pemerintah Kabupaten Karangasem ini, diterima Penjabat Bupati Karangasem Ida bagus Ngurah Arda, di Gedung Wisma Sabha Kantor Gubernur Bali, Jum’at (15/1).

Kabag Organisasi Setda Kab. Karangasem I Nengah Sutama Ariawan, SE., MM yang turut mendampingi Penjabat Bupati Ida Bagus Ngurah Arda, dalam kesempatan tersebut mengatakan Kabupaten Karangasem merupakan salah satu dari sembilan kabupaten/kota di Bali yang mendapatkan nilai CC plus.

Karena dari nilai 51,17 tahun 2013 naik menjadi 56,86 tahun 2014 dan terus tingkat akuntabilitas kinerjanya naik ke peringkat B dari nilai 60,67 tahun 2015, dan menempati posisi tertinggi kedua di Bali di bawah Kabupaten Badung pada peringkat BB dengan nilai 75,89.

Untuk itu,  Kabupaten Karangasem berhak menerima penghargaan LAKIP 2015 yang diserahkan oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi, bersama sembilan kabupaten/kota di Bali.

Dikatakan, penilaian evaluasi LAKIP seluruh instansi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Wilayah RI oleh KemenPAN dan RB RI bertujuan menilai implementasi dan pembangunan Akuntabilitas Kinerja dalam rangka mendorong terwujudnya Result Oriented Government, yaitu pemerintahan yang berorientasi pada hasil.

Jadi, makna dari Akuntabilitas adalah setiap program dan kegiatan dari penyelenggara negara harus dapat dipertanggungjawabkan hasilnya.

Penjabat Bupati Karangasem Ida bagus Ngurah Arda usai menerima penghargaan mengaku, keberhasilan Pemkab Karangasem meraih penghargaan LAKIP 2015 tidak terlepas dukungan seluruh pihak, termasuk seluruh SKPD di jajaran Pemkab Karangasem.

Sekdakab Karangasem Ir. I Gede Adnya Mulyadi, M.Si ketika dikonfirmasi secara terpisah mengatakan, berterimakasih kepada semua teman-teman SKPD karena atas jerih payahnya LAKIP Pemkab Karangasem naik peringkat dan diharapkan, agar semua komponen termasuk SKPD harus terus bersama-sama meningkatkan kualitas kerja.

“Agar bisa naik kelas lagi ke peringkat A pada tahun berikutnya, karena LAKIP tidak bisa hanya dibebankan kepada instansi tertentu saja tapi merupakan bagian dari teamwork,” katanya dan menambahkan, adapun yang menjadi kunci sukses LAKIP adalah komitmen dan kerjasama,” tegasnya. (Humas Protokol Setda Kab. Karangasem/toeb)