FKPPI Maluku Utara Gelar Upacara Hari Dharma Samudra

:


Oleh mctidore, Sabtu, 16 Januari 2016 | 13:36 WIB - Redaktur: Tobari - 673


Tidore, InfoPublik - Forum Komunikasi Putera Puteri Purnawirawan TNI/Polri (FKPPI) Maluku Utara menggelar Upacara Hari Dharma Samudra ke-54, yang pelaksanaannya dipusatkan di Dermaga Doro Kolano Kesultanan Tidore Kelurahan Soasio, Jum’at (15/1).

Upacara dimulai sekitar pukul 09.00 Wit dan dipimpin Sultan Tidore H. Husain Syah yang bertindak selaku Inspektur Upacara, dengan Komandan Upacara Lettu Laut (T) Mustofa, Perwira Upacara Kalbi Rasid, dan  Pembaca Doa Kepala Kantor Kementerian Agama.

Upacara Hari Dharma Samudra ke-54 diawali dengan pembacaan sejarah singkat Pertempuran Laut Arafuru, yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962, oleh Sofyan Rafandi, yakni tenggelamnya KRI Matjan Tutul.

Pada pertempuran laut untuk mempertahankan diri dari serangan musuh itu, gugur pahlawan kesuma  bangsa Komodor Jos Soedarso, Kapten Pelaut Wiratno, dan seluruh anggota kesatuannya yang sedang melaksanakan tugas inpeksi pada masa perjuangan pembebasan Irian Barat.

Dalam upacara ini, Sultan Tidore H. Husain Syah berkesempatan melakukan tabur bunga di laut yang dilakukan dari atas geladak Kapal TNI Angkatan Laut Loloda, diikuti Wakapolda dan Danlanal serta tamu undangan lainnya.

Upacara Hari Dharma Samudera ke 54 ini, diikuti kesatuan Angkatan Darat dari Kodim 1505 Tidore, TNI Angkatan Laut dari Lanal Ternate, Kepolisian Resort Tidore, Satpol PP dan dari FKPPI yang masing-masing berkekuatan satu peleton. (mc tidore/humas/toeb)