Kendaraan Air Crew Garuda Pakai BBG Pertamina

:


Oleh Dian Thenniarti, Jumat, 15 Januari 2016 | 23:58 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 475


Jakarta, InfoPublik - Garuda Indonesia beserta anak usahanya AeroTrans dan Pertamina pada Jumat (15/01) melaksanakan launching pengoperasian kendaraan air crew Garuda Indonesia yang menggunakan bahan bakar Liqufied Gas for Vehicle (LGV) Pertamina Vi-Gas.

Dijelaskan Dwi Soetjipto, kelebihan Vi-Gas selain ramah lingkungan yakni memiliki RON diatas 98, pembakaran sempurna, tekanan dalam tangki rendah (8-12) bar, bebas sulfur dan timbal, serta membuat suara mesin kendaraan halus. 

"Langkah ini merupakan komitmen Pertamina untuk mendorong penggunaan Bahan Bakar Gas untuk transportasi dan kami harapkan kerjasama antara Pertamina dan Garuda Indonesia ini bisa diteruskan oleh BUMN lainnya untuk bergerak bersama menggunakan energi yang ramah lingkungan," ujar Dwi Soetjipto.

Dwi menambahkan guna memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan operasional air crew Garuda, maka pihaknya telah membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPB) Vi-Gas di area perkantoran PT Aerotrans Services Indonesia, di sekitar Bandara Soekarno Hatta. 

Saat ini Vi-Gas juga sudah tersedia di 34 SPBU yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Solo, Yogya, Semarang, Surabaya, Bali, dan akan bertambah seiring dengan pertumbuhan permintaan Vi-Gas yang meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan operasional antar-jemput air crew Garuda Indonesia, saat ini Aerotrans telah menambah jumlah kendaraan operasional sebanyak 50 unit dengan menggunakan bahan bakar LGV. Penggunaan bahan bakar LGV ini akan dilakukan secara bertahap pada seluruh kendaraan operasional air crew Garuda Indonesia sebanyak 280 unit.